FOLLOW US:


Perang Juventus, Barcelona dan Real Madrid vs UEFA Semakin Memanas!

23-06-2021 03:09

 | Yaumil Azis

Perang Juventus, Barcelona dan Real Madrid vs UEFA Semakin Memanas!
UEFA © UEFA

Bola.net - Juventus, Barcelona dan Real Madrid yang dikenal sebagai penggagas utama European Super League belum berhenti berperang dengan UEFA. Sekarang tiga klub papan atas Eropa tersebut sedang merencanakan serangan balik.

European Super League hampir saja terlaksana sampai enam klub papan atas Inggris menarik diri. Tidak lama berselang, Atletico Madrid, AC Milan dan Inter Milan juga ikut mundur dari kompetisi kontroversial tersebut.

Dari 12 klub yang menyatakan bersedia, kini European Super League tinggal menyisakan tiga peserta saja. Juventus, Real Madrid dan Barcelona masih bersikeras kalau European Super League harus dijalankan.

UEFA yang melihat European Super League sekarat langsung melancarkan serangan. Mereka sempat melakukan investigasi untuk menghadang ketiga klub tersebut ikut serta dalam ajang Liga Champions musim depan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Trio ESL Siap Menyerang Balik

Di tengah perjalanan, UEFA tiba-tiba menunda investigasi. Mereka lantas mengirimkan surat konfirmasi bahwa Juventus, Real Madrid dan Barcelona diperkenankan ikut serta dalam ajang Liga Champions.

TIga penggagas European Super League melihat ini sebagai kesempatan untuk melakukan serangan balik. Mereka ingin memaksa UEFA menarik kesepakatan dengan sembilan klub yang telah mundur dari UEFA lewat jalur hukum.

"Ini adalah upaya untuk membatalkan perjanjian yang ditandatangani UEFA dengan sembilan klub - termasuk enam tim Premier League - setelah mereka mundur dari proyek tersebut. Artinya, denda serta penalti bisa dibatalkan,"

"UEFA punya waktu lima hari untuk merespon. Keputusan bisa diambil dalam beberapa pekan namun akan menjadi pukulan telak kalau diimplementasikan," kata jurnalis New York Times yang membocorkan proyek European Super League di bulan April lalu, Tariq Panja.

Tariq Panja melanjutkan: "A22 (perusahaan di balik European Super League) juga ingin membuat UEFA membatalkan aksi disiplin terhadap Juve, Real dan Barca secara keseluruhan. Saat ini masih 'tetap', menunggu banding UEFA terhadap perintah 18 April oleh pengadilan Madrid."

2 dari 2

Kesepakatan 9 Klub dengan UEFA

Detail kesepakatan antara UEFA dengan sembilan klub yang memutuskan mundur dari European Super League kurang lebih seperti ini:

  • Memberikan donasi dengan total 15 juta euro, yang digunakan buat kepentingan anak-anak, remaja dan sepak bola 'grassroot' di komunitas lokal Eropa termasuk Inggris Raya.
  • Tunduk pada pemotongan 5 persen dari pendapatan yang akan diterima dari kompetisi klub UEFA selama satu musim, yang kemudian bakalan didistribusikan kembali.
  • Setuju untuk dikenakan denda besar jika mereka berusaha bermain dalam kompetisi yang tidak sah (100 juta euro) atau kalau melanggar komitmen lain yang telah mereka buat dalam Deklarasi Komitmen Klub (50 juta euro).
  • Memberikan komitmen individu kepada UEFA di mana semua prinsip dan nilai yang ditetapkan dalam Nota Kesepahaman 2019 antara UEFA dengan Asosiasi Klub Eropa diterima.

(New York Times, Football Italia)