FOLLOW US:


Rekor Istimewa Alessandro Del Piero di Liga Champions

05-05-2020 14:21

 | Gia Yuda Pradana

Rekor Istimewa Alessandro Del Piero di Liga Champions
Alessandro Del Piero © AFP

Bola.net - Alessandro Del Piero adalah legenda Juventus. Hampir semua sudah pernah diraihnya bersama Juventus. Termasuk di antaranya adalah gelar juara Liga Champions 1995/96.

Selain itu, mantan pemain Italia itu juga meraih lima Scudetto bersama Juventus. Itu tak termasuk dua Scudetto yang dicabut menyusul skandal Calciopoli 2006.

Del Piero adalah pencetak gol yang handal. Dia memegang rekor gol (290) juga jumlah penampilan (705) terbanyak dalam sejarah La Vecchia Signora.

Terkait gol, Del Piero juga memiliki sebuah rekor istimewa di Liga Champions.

1 dari 4

Juventus vs AS Monaco 1997/98

Juventus bertemu dengan AS Monaco di semifinal Liga Champions 1997/98. Leg pertama digelar di Stadio delle Alpi, Turin, 1 April 1998.

Juventus waktu itu dilatih Marcello Lippi, dan diperkuat pemain-pemain seperti Angelo Peruzzi, Edgar Davids, Zinedine Zidane, Filippo Inzaghi, dan Del Piero. Sementara itu, Monaco dilatih Jean Tigana.

Monaco diperkuat Fabien Barthez, Willy Sagnol, Ali Bernarbia, hingga David Trezeguet.

Di babak sebelumnya, Juventus menyingkirkan Dynamo Kiev, sedangkan Monaco mengeliminasi Manchester United.

2 dari 4

Hat-trick Del Piero

Del Piero membuka keunggulan Juventus lewat tendangan bebas di menit 34. Monaco membalas lewat gol Costinha di menit 42.

Juventus kemudian memimpin 3-1 lewat dua gol penalti Del Piero di menit 45 dan menit 62.

Zidane menegaskan kemenangan Juventus dengan golnya di menit 87.

3 dari 4

Pencetak Hat-trick Pertama

Tiga gol ke gawang Monaco itu menjadikan Del Piero pemain pertama yang pernah mencetak hat-trick di sebuah pertandingan babak semifinal Liga Champions. Itu rekor yang istimewa.

4 dari 4

Namun Sayang, Juventus Gagal Juara

Pada leg kedua di Prancis, 15 April 1998, Juventus takluk 2-3. Del Piero menyumbang satu gol, sedangkan satu gol Juventus lainnya dicetak Nicola Amoruso.

Meski kalah, Juventus lolos ke final dengan agregat 6-4.

Namun sayang bagi Juventus, mereka gagal juara. Di final, melawan Real Madrid, Juventus menyerah 0-1 oleh gol tunggal Predrag Mijatovic.