FOLLOW US:


Rekor Top Skorer The Big Five, Lewandowski Tertajam, Kane Paling Murah Hati

31-05-2021 18:49

 | Serafin Unus Pasi

Rekor Top Skorer The Big Five, Lewandowski Tertajam, Kane Paling Murah Hati
Penyerang Tottenham, Harry Kane. © AP Photo

Bola.net - Kompetisi domestik di Benua Eropa tuntas sudah. Demikian pula kompetisi-kompetisi papan atas Benua Biru, yang lazim disebut The Big Five.

Di Premier League, Manchester City memastikan diri sebagai kampiun. Di Bundesliga, Bayern Muenchen meneruskan dominasi mereka. Sementara, di La Liga, Atletico Madrid merusak dominasi Barcelona dan Real Madrid untuk memuncaki klasemen akhir. Di Italia, Inter Milan sukses meraih gelar juara Serie A. Sedangkan di Ligue 1, Lille sukses mengangkat trofi juara.

Raihan prestasi juga diraih sejumlah pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi-kompetisi tersebut. Pemain-pemain seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, Kylian Mbappe, dan Harry Kane menahbiskan diri mereka sebagai pemain-pemain yang paling produktif mencetak gol di kompetisi domestik mereka masing-masing.

Selain itu, ada catatan-catatan lain yang juga ditorehkan para pencetak gol terbanyak di The Big Five ini. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 4

Lewandowski Paling Produktif per Menit Bermain

Lewandowski Paling Produktif per Menit Bermain
Robert Lewandowski merayakan golnya ke-41 di Bundeliga musim 2020/2021 © AP Photo

Urusan mencetak gol per menit bermain, Robert Lewandowski mengungguli rekan-rekannya, sesama top skorer di The Big Five. Penyerang Bayern Muenchen ini sukses mencetak 41 gol dari 2467 menit bermainnya di ajang Bundesliga. Artinya, pemain berusia 32 tahun tersebut rata-rata mencetak 0,0166 gol tiap menit bermainnya.

Di posisi kedua, ada nama Mbappe. Pencetak gol terbanyak Ligue 1 ini memiliki catatan rata-rata 0,0112 gol tiap menit penampilannya.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berada di peringkat ketiga dan keempat. Top skorer Serie A dan pencetak gol terbanyak La Liga ini masing-masing memiliki rataan gol per menit bermain sebesar 0,010 dan 0,0099.

Sementara, pencetak gol terbanyak Premier League, Harry Kane, berada di urutan buncit dalam hal raihan gol per menit bermain. Rataan gol per menit bermainnya hanya berada di angka 0,0074.

2 dari 4

Peluang Lewandowski Paling Berkualitas

Peluang Lewandowski Paling Berkualitas
Robert Lewandowski © AP Photo

Urusan mencetak peluang, Lewandowski juga jagoan. Pemain asal Polandia ini memiliki rataan nilai expected goals (xG) per menit bermain di antara para top skorer The Big Five lainnya. Tercatat, xG per menit bermainnya mencapai angka 0,013.

Di urutan kedua, ada nama Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal ini memiliki rataan xG per menit bermain sebesar 0,010. Kemudian, satu peringkat di bawahnya, ada nama Kylian Mbappe, yang memiliki rataan nilai xG per pertandingan sebesar 0,0095.

Untuk urusan nilai xG per menit bermain, Lionel Messi berada di urutan keempat di antara para top skorer The Big Five. Pemain asal Argentina ini memiliki nilai xG per menit bermain sebesar 0,0088. Sementara, di peringkat paling bawah, ada Harry Kane yang memiliki rataan xG per menit bermain sebesar 0,0071.

3 dari 4

Lewandowski Efektif Manfaatkan Peluang

Lewandowski Efektif Manfaatkan Peluang
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski © AP Photo

Selain ciamik menciptakan peluang, Lewandowski juga sangat efektif dalam memanfaatkan peluang yang ada tersebut untuk menjadi gol. Kombinasi inilah yang membuatnya sukses menjadi pemain paling subur di dataran Eropa pada musim 2020/2021 ini.

Apiknya kemampuan Lewandowski memanfaatkan peluang tergambar dari perbandingan antara gol dan nilai xG yang mencapai 1,278.

Di bawah Lewandowski, ada Mbappe dan Messi, yang menguntit. Top skorer Ligue 1 dan La Liga ini masing-masing memiliki perbandingan antara gol dan nilai xG sebesar 1,181 dan 1,124.

Kane menempati peringkat keempat dengan perbandingan antara gol dan nilai xG sebesar 1,037. Sementara, Cristiano Ronaldo tercecer di posisi paling buncit dengan perbandingan antara gol dan nilai xG sebesar 0,971.

Bagi Ronaldo perbandingan antara gol dan nilai xG yang berada di bawah angka satu ini menunjukkan bahwa penampilannya, terutama dalam aspek mencetak gol, tergolong underperform. Ia gagal memanfaatkan peluang-peluang yang dimiliki untuk membobol gawang lawan.

4 dari 4

Harry Kane Paling Murah Hati

Harry Kane Paling Murah Hati
Penyerang Tottenham, Harry Kane. © AP Photo

Sementara itu, untuk kemampuan mencetak assist, Harry Kane menjadi yang paling top. Pemain berusia 27 tahun ini menjadi sosok yang paling murah hati dalam menyediakan umpan-umpan matang bagi rekan-rekan satu timnya.

Rataan assist per menit Kane mencapai 0,0045. Catatan ini mengalahkan capaian Lionel Messi, Kylian Mbappe, Robert Lewandowski, dan Cristiano Ronaldo yang masing-masing memiliki rataan assist sebesar 0,0030, 0,0029, 0,0028, dan 0,0010.

Dalam hal efektivitas assist pun, Kane menjadi yang terbaik. Meski bukan menjadi yang terbaik dalam peluang mencetak assist, Kane mampu memiliki rataan assist dibanding peluang assist paling bagus di antara rekan-rekannya. Kane memiliki nilai perbandingan assist dan peluang assist sebesar 1,849.

Di bawah Kane, ada nama Lewandowski dan Mbappe. Mereka berdua masing-masing memiliki nilai sebesar 1,452 dan 1,301.

Sementara, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memiliki efektivitas assist di bawah rata-rata. Dua pemain yang kerap disebut sebagai pemain-pemain terbaik di dunia saat ini tersebut masing-masing memiliki nilai sebesar 0,788 dan 0,779.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)