FOLLOW US:


Saat AC Milan Meraih Titel Liga Champions ke-4 dan ke-7

26-05-2020 11:21

 | Gia Yuda Pradana

Saat AC Milan Meraih Titel Liga Champions ke-4 dan ke-7
AC Milan © AC Milan.com

Bola.net - Bulan Mei, 30 tahun dan 13 tahun lalu, AC Milan berjaya di pentas elit European Cup/Liga Champions. Waktu itu, Rossoneri sukses meraih titel mereka yang ke-4 dan ke-7.

Lawan-lawan Milan di dua final itu adalah Benfica dan Liverpool.

Berikut ulasan singkatnya.

1 dari 4

Final European Cup 1990

Praterstadion, Vienna, Austria, 23 Mei 1990. Milan berhadapan dengan Benfica. Milan adalah juara bertahan, setelah di final edisi sebelumnya mengalahkan Steaua Bucuresti 4-0 di Camp Nou, Barcelona.

Di final 1990, Milan dilatih Arrigo Sacchi. Sementara itu, Benfica ditangani Sven-Goran Eriksson.

Milan menang 1-0. Milan menang lewat gol tunggal Frank Rijkaard di menit 68. Gol ini tercipta diawali operan terobosan Marco van Basten. Milan sukses mempertahankan gelarnya.

2 dari 4

Cuplikan Golnya

3 dari 4

Final Liga Champions 2007

Olympic Stadium, Athena, Yunani, 23 Mei 2007. Milan besutan Carlo Ancelotti berhadapan dengan Liverpool asuhan Rafael Benitez.

Musim 2006/07 sejatinya bukan musim yang sempurna bagi Milan. Namun, meski kecewa di ranah lokal, Rossoneri sukses merajai Eropa.

Di Liga Champions, Milan sukses melaju hingga partai final. Lawannya adalah Liverpool, yang di final dua tahun sebelumnya, di Istanbul, mengalahkan Milan lewat adu penalti, padahal Rossoneri unggul 3-0 terlebih dahulu di babak pertama.

Di Athena, Milan berhasil membalaskan dendam mereka.

Dengan lini belakang solid yang digalang kapten Paolo Maldini dan Alessandro Nesta, didukung duet full-back Marek Jankulovski-Massimo Oddo yang penuh energi untuk naik-turun sepanjang 90 menit, barisan tengah yang dikomandani Pirlo bersama Massimo Ambrosini dan Gennaro Gattuso sebagai 'satelit', serta Clarence Seedorf dan Kaka di belakang goal getter Filippo Inzaghi, Milan menaklukkan The Reds 2-1.

4 dari 4

Cuplikan Pertandingannya

Milan meraih titelnya yang ke-7, yang belum bertambah hingga kini. Milan masih menjadi pemilik gelar terbanyak kedua di kompetisi ini, hanya kalah dari pemegang rekor 13 gelar Real Madrid.