Sevilla Pecat Julen Lopetegui Usai Kalah Lawan Dortmund di Liga Champions

Asad Arifin | 6 Oktober 2022 08:13
Sevilla Pecat Julen Lopetegui Usai Kalah Lawan Dortmund di Liga Champions
Ekspresi Julen Lopetegui usai laga Sevilla vs Dortmund di Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

Bola.net - Sevilla mengakhiri kerja sama dengan pelatihnya, Julen Lopetegui. Keputusan tersebut diambil tidak lama setelah Sevilla menelan kekalahan dari Borussia Dortmund di ajang Liga Champions 2022/2023.

Sevilla berjumpa Dortmund pada matchday ketiga Grup G Liga Champions, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB. Bermain di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla kalah dengan skor 4-1 dari Dortmund.

Sevilla membuka pertandingan dengan kesan yang buruk. Pada menit ke-6, gawang Yassine Bounou sudah bobol dari aksi Raphal Guerreiro. Lalu, ada dua lain dari Jude Bellingham dan Karim Adeyemi sebelum babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Youssef En-Nesyri sempat memberi harapan bagi Sevilla lewat gol pada menit ke-51. Namun, Julian Brandt mengakhiri perlawanan Sevilla pada menit ke-75. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Alasan Lopetegui Dipecat

Sevilla sejatinya tampil cukup bagus pada era Lopetegui. Musim lalu, mereka mampu bersaing di papan atas dan menutup musim dengan berada di posisi ke-4 klasemen akhir La Liga.

Namun, musim 2022/2023 berjalan sangat sulit bagi Lopetegui dan Sevilla. Mereka baru sekali menang pada 10 laga pertama musim 2022/2023. Bahkan, pada empat laga terakhir, Sevilla selalu gagal menang.

"Sevilla FC telah membebaskan Julen Lopetegui dari tugasnya sebagai pelatih tim utama setelah pertandingan kami melawan Borussia Dortmund," tulis pernyataan resmi klub.

Sevilla saat ini berada di posisi ke-17 klasemen La Liga, pada pekan ke-7. Di Liga Champions, mereka berada di posisi ke-3 klasemen Grup G. Sevilla belum mengumumkan secara resmi siapa sosok pengganti Lopetegui.

2 dari 3 halaman

Karier Julen Lopetegui di Sevilla

Karier Julen Lopetegui di Sevilla

Julen Lopetegui membawa Sevilla juara Liga Europa 2019-20 (c) Pool EPA via AP Photo

Lopetegui ditunjuk sebagai pelatih Sevilla pada Juni 2019. Pada awal kedatangannya, mantan pelatih Real Madrid itu bisa dibilang sukses. Dia membawa Sevilla tampil konsisten di La Liga.

Lalu, pada musim 2019/2020, Lopetegui juga sukses memberikan gelar juara Liga Europa untuk Sevilla. Pada laga final, Sevilla menang dengan skor 3-2 atas Inter Milan.

Lopetegui sejatinya masih punya kontrak hingga 2024 bersama Sevilla. Hanya saja, hasil buruk di awal musim membuatnya dipecat. Lopetegui meninggalkan Sevilla dengan rekor 170 laga, 90 kali menang, 44 kali imbang, dan 36 kali kalah.

Sumber data: Transfermarkt

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR