5 Mantan Pemain Barcelona yang Saat Ini Berkarier di Ligue 1, Ada Messi

Aga Deta | 5 Oktober 2022 16:48
Penyerang PSG Lionel Messi dan Neymar. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona adalah salah satu tim besar di Spanyol. Tim berjuluk Blaugrana tersebut berhasil meraih banyak gelar bergengsi baik pentas domestik maupun Eropa.

Ada banyak pemain hebat yang pernah memperkuat Barcelona. Sebut saja Luis Figo, Ronaldinho, hingga Lionel Messi.

Namun, tidak semua pemain bisa terus bermain untuk Barcelona. Dengan berbagai alasan, beberapa pemain keluar dari sana dan melanjutkan kariernya di tempat lain.

Saat ini terdapat beberapa mantan pemain Barcelona yang bermain di Ligue 1. Siapa saja? Berikut ini nama-namanya.

1 dari 5 halaman

Jean-Clair Todibo

Jean-Clair Todibo saat berlaga di pertandingan Europa Conference League Group D antara OCG Nice dan FC Koln di Allianz Riviera stadium di Nice, Kamis (08/09/2022). (c) AP Photo

Jean-Clair Todibo cuma sekadar numpang lewat di Barcelona. Pemain belakang asal Prancis tersebut hanya membuat lima penampilan bersama Blaugrana.

Pada Februari 2021, Todibo dipinjamkan ke Nice. Klub asal Prancis tersebut kemudian menebusnya secara permanen pada akhir musim.

Kini Todibo menjadi pemain andalan di lini belakang Nice. Bek berusia 22 tahun tersebut sudah memainkan 57 pertandingan di semua kompetisi untuk klub.

2 dari 5 halaman

Andre Gomes

Andre Gomes (c) AFP

Karier Andre Gomes di Barcelona tidak berjalan sesuai harapan. Pemain asal Portugal tersebut mengalami kesulitan untuk menunjukkan performanya terbaiknya di Camp Nou.

Gomes pertama kali meninggalkan Barcelona pada musim panas 2018 dengan bergabung Everton secara pinjaman. Everton kemudian menebusnya secara permanen pada musim berikutnya.

Gomes tak masuk dalam rencana manajer Frank Lampard di Goodison Park pada musim ini. Pemain berusia 29 tahun tersebut akhirnya dipinjamkan ke klub Prancis Lille.

3 dari 5 halaman

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez resmi bergabung dengan Olympique Marseille (c) OM Official

Alexis Sanchez punya karier yang sukses di Barcelona. Pemain asal Chile tersebut memperkuat Blaugrana selama tiga tahun dan memenangkan satu gelar La Liga dan Copa del Rey.

Pada musim panas 2014, Sanchez memutuskan untuk berkarier di Premier League bersama Arsenal. Setelah itu dia melanjutkan kariernya di Manchester United.

Sempat kembali berkarier di Italia bersama Inter Milan, Sanchez saat ini bermain di Ligue 1. Pemain berusia 33 tahun ini memutuskan untuk bergabung dengan Marseille pada awal musim 2021/2022.

4 dari 5 halaman

Neymar

Pemain PSG Neymar (tengah) berusaha lepas dari kawalan dua pemain Maccabi Haifa, Dolev Haziza (kiri) dan Daniel Sundgren (kanan) pada pekan ke-2 Grup H Liga Champions 2022/2023, Kamis (15/9/2022) dini

Neymar datang ke Barcelona pada tahun 2013 dari Santos. Neymar memainkan 186 pertandingan dengan torehan 105 gol dan 105 assist bagi Blagrana.

Setelah membela Barcelona dalam empat musim Neymar hengkang ke PSG pada musim panas 2017. Bintang asal Brasil tersebut hijrah ke Parc des Princes dengan status pemain termahal dunia setelah ditebus 222 juta euro.

Neymar masih menjadi andalan Les Parisiens saat ini. Dia sudah mencetak 111 gol dan 68 assist dari 156 pertandingan bersama PSG.

5 dari 5 halaman

Lionel Messi

Aksi Lionel Messi dalam laga Lyon vs PSG, Senin (19/9/2022) (c) AP Photo

Lionel Messi mereguk banyak kesuksesan di Barcelona. Dia berhasil mempersembahkan banyak trofi bergengsi, sampai merebut tujuh Ballon d'Or.

Namun, Messi meninggalkan Spanyol tahun lalu karena Barcelona tak mampu mengontraknya. Bintang asal Argentina itu kemudian melanjutkan kariernya bersama PSG.

Pemain berusia 35 tahun itu bereuni kembali dengan Neymar di PSG. Dia telah mencetak 18 gol dan 23 assist dari 46 pertandingan bersama Les Parisiens.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR