FOLLOW US:


5 Transfer Termahal Arsenal di Bulan Januari

28-01-2021 14:32

 | Aga Deta

5 Transfer Termahal Arsenal di Bulan Januari
Pierre-Emerick Aubameyang meneken kontrak baru di Arsenal. © twitter.com/Arsenal

Bola.net - Arsenal terlihat cukup aktif di bursa transfer Januari ini. Mikel Arteta memanfaatkan bursa transfer musim dingin untuk memperbaiki timnya.

Arsenal baru saja meresmikan transfer Martin Odegaard dari Real Madrid. Gelandang asal Norwegia itu didatangkan dengan status pinjaman sampai akhir musim.

Odegaard merupakan rekrutan kedua Arsenal di bursa transfer musim dingin ini. Sebelumnya mereka juga berhasil mendatangkan kiper Brighton Mat Ryan dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Kedua pemain tersebut memang didatangkan dengan status pinjaman. Namun, Arsenal juga pernah membeli pemain dengan harga yang cukup mahal pada pertengahan musim.

Berikut ini lima pemain termahal yang didatangkan Arsenal pada bursa transfer Januari.

1 dari 5

5. Gabriel Paulista

5. Gabriel Paulista
Gabriel © AFC

Gabriel Paulista direkrut Arsenal dari Villarreal pada musim dingin 2015. Transfer pemain asal Brasil tersebut memakan biaya sebesar 15 juta euro.

Namun, Gabriel tak pernah menjadi pilihan utama Arsene Wenger di Arsenal. Alhasil, sang pemain lebih sering mengabiskan waktunya di bangku cadangan.

Gabriel hanya bertahan 2,5 musim di Arsenal. Ia mencatatkan 64 penampilan bersama The Gunners sebelum meninggalkan klub.

2 dari 5

4. Andrey Arshavin

4. Andrey Arshavin
Andrey Arshavin © AFC

Andrey Arshavin tampil cukup apik bersama Zenit St. Petersburg. Sang pemain kemudian bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer musim dingin 2009 dengan biaya 16,5 juta euro.

Salah satu momen terbaik Arshavin di Arsenal adalah saat melawan Liverpool. Pemain Rusia itu mampu menciptakan 4 gol dalam pertandingan tersebut.

Karier Arshavin di Arsenal sering diganggu oleh cedera. Ia akhirnya meninggalkan The Gunners setelah mencatatkan 145 penampilan bersama klub.

3 dari 5

3. Jose Antonio Reyes

3. Jose Antonio Reyes
Eks pemain Arsenal, Jose Antonio Reyes, meninggal dunia karena kecelakaan mobil © Bleacher Report

Jose Antonio Reyes dibeli Arsenal dari Sevilla pada musim dingin 2004. The Gunners mengeluarkan biaya 20 juta euro untuk memboyong pemain asal Spanyol tersebut.

Selama berseragam Arsenal, Reyes mencetak 23 gol dan 25 assist dari 110 pertandingan di semua kompetisi. Reyes juga berhasil mempersembahkan tiga trofi, termasuk gelar Premier League musim 2003/2004.

Namun, karier Reyes bersama Arsenal bisa dibilang tidak panjang. Ia sempat dipinjamkan ke Real Madrid sebelum dilepas ke Atletico Madrid pada 2007.

4 dari 5

2. Henrikh Mkhitaryan

2. Henrikh Mkhitaryan
Henrikh Mkhitaryan © AFP

Henrikh Mkhitaryan bergabung dengan Arsenal pada Januari 2018. Pemain asal Armenia itu digaet dari Manchester United dengan biaya 34 juta euro.

Mkhitaryan bertukar tempat dengan Alexis Sanchez yang bergabung dengan Manchester United. Sayangnya, Mkhitaryan gagal memberikan dampak yang besar di lapangan setelah datang ke Emirates.

Mantan pemain Borussia Dortmund itu hanya mencetak 9 gol dan 13 assist dari 59 pertandingan. Ia dipinjamkan ke AS Roma pada musim panas 2019, sebelum statusnya berganti permanen pada awal musim ini.

5 dari 5

1. Pierre-Emerick Aubameyang

1. Pierre-Emerick Aubameyang
Selebrasi Pierre-Emerick Aubameyang usai menjebol gawang Newcastle, Premier League 2020/21. © AP Photo

Pierre-Emerick Aubameyang didatangkan Arsenal pada akhir Januari 2018. Ia ditebus dengan biaya yang mencapai 63,75 juta euro dari Borussia Dortmund.

Meski begitu, Arsenal tidak sia-sia medatangkan Aubameyang dengan harga mahal. Pemain Gabon itu sudah mencetak 78 gol dan 16 assist dari 129 pertandingan di semua ajang.

Aubameyang berhasil memenangi penghargaan top skor Premier League musim 2018/2019 dengan torehan 22 gol. Selain itu, ia juga membantu Arsenal memenangi Piala FA dan Community Shield tahun lalu.