6 Raja Assist dalam Sejarah Liga Champions, Messi Berpotensi Salip Ronaldo

Aga Deta | 6 September 2022 16:07
Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Bola.net - Liga Champions adalah salah satu kompetisi antar klub paling bergengsi di Eropa. Pemain-pemain terbaik dari berbagai negara saling beradu kemampuan di sana.

Sampai sejauh ini ada banyak pemain yang mampu menunjukkan performa terbaiknya di Liga Champions. Salah satunya adalah bintang Manchester United Cristiano Ronaldo.

Ronaldo hingga kini tercatat sebagai pemain tersubur dalam sejarah Liga Champions. Pemain yang berasal dari Portugal tersebut sudah mengoleksi 141 gol selama tampil di kompetisi elite Eropa ini.

Bukan hanya pencetak gol ulung, Liga Champions juga menjadi panggung bagi para pemberi assist. Sampai sejauh ini ada banyak pemain yang mampu membuat assist di ajang ini.

Berikut ini enam pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions.

1 dari 6 halaman

5. Neymar

Neymar melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Lille pada pekan ke-3 Liga Prancis 2022/2023, Senin (22/8/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Neymar berasal dari Santos dan menjadi sensasi di Barcelona. Neymar kemudian menjadi pemain termahal dunia saat pindah ke PSG pada 2017 lalu.

Neymar punya catatan yang manis di Liga Champions. Bintang asal Brasil tersebut pernah menjuarai Liga Champions bersama Barcelona pada musim 2014/15.

Neymar telah tampil dalam 74 laga Liga Champions dengan mencatatkan 29 assist dan 41 gol. Musim ini dia akan kembali diandalkan PSG untuk menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya.

2 dari 6 halaman

5. Xavi Hernandez

Xavi (c) FCB

Xavi Hernandez merupakan legenda Barcelona. Gelandang asal Spanyol tersebut menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Blaugrana sebelum pensiun di Al Sadd.

Xavi bisa dibilang punya prestasi yang sangat bagus dalam ajang Liga Champions. Dia pernah mengangkat trofi Si Kuping Besar sebanyak empat kali bersama Barcelona.

Pada ajang Liga Champions, Xavi telah melakoni 157 pertandingan dengan menyumbangkan 30 assist. Sementara gol yang dicetaknya sebanyak 12 kali.

3 dari 6 halaman

4. Ryan Giggs

Ryan Giggs (c) AFP

Ryan Giggs adalah sosok yang sangat identik dengan Manchester United. Bintang asal Wales tersebut menghabiskan seluruh karier bermainnya bersama Setan Merah.

Giggs mempunyai karier yang sangat gemilang di Old Trafford. Dia berhasil memenangkan 13 gelar Premier League dan dua trofi Liga Champions.

Selain rajin mencetak gol, Giggs juga dikenal sebagai pemain yang sangat produktif dalam membuat assist. Dia tercatat menciptakan 31 assist di ajang Liga Champions.

4 dari 6 halaman

Angel Di Maria

Pemain Juventus, Angel Di Maria (c) AP Photo

Angel Di Maria menjadi bagian penting ketika Real Madrid meraih gelar La Decima pada tahun 2014. Setelah itu dia pindah ke Manchester United.

Di Maria hanya bertahan di Old Trafford selama semusim sebelum akhirnya pindah ke PSG. Selama bermain di Parc des Princes, Di Maria gagal membawa timnya menjuarai Liga Champions.

Pemain asal Argentina itu sekarang bermain di Juventus. Dalam 100 penampilan di Liga Champions, Di Maria telah mencatatkan 35 assist dan mencetak 22 gol.

5 dari 6 halaman

2. Lionel Messi

Penyerang PSG Lionel Messi beraksi sebelum mencetak gol ke gawang Nantes dalam pertandingan Piala Super Prancis 2022. (c) Paris Saint-Germain Official

Lionel Messi punya prestasi yang sangat bagus di Liga Champions. Messi telah memenangkan trofi Liga Champions sebanyak empat kali bersama Barcelona.

Dalam hal gol, Messi berada di urutan kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Pemain berjuluk La Pulga tersebut sudah mengumpulkan 125 gol.

Messi juga sangat produktif membuat assist saat bermain di Liga Champions. Bintang PSG tersebut sudah memberikan 36 assist untuk rekan setimnya.

6 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo ketika tampil bersama Manchester United melawan Leicester di pekan 5 Premier League 2022-2023. (c) AP Photo

Liga Champions merupakan kompetisi kesukaan Cristiano Ronaldo. Dia tercatat menjadi pemegang rekor assist terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

Dalam 187 penampilan Liga Champions, Ronaldo berhasil memberikan 42 assist. Bintang asal Portugal tersebut juga mampu mencetak 141 gol.

Dalam prosesnya Ronaldo juga telah memenangkan lima trofi Liga Champions. Sayangnya, pemain berusia 37 tahun ini tidak akan bermain di kompetisi tersebut pada musim ini.

Sumber: Liga Champions

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR