Bagaimana Kariernya? 6 Pemain yang Gabung Barcelona Bareng Dani Alves

Aga Deta | 29 April 2022 13:33
Pemain Barcelona Dani Alves. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona mendatangkan sejumlah pemain baru pada bursa transfer musim panas 2008. Salah satu pemain yang berhasil diboyong ke Camp Nou adalah Dani Alves.

Alves direkrut Barcelona dari Sevilla. Pemain asal Brasil tersebut merapat ke Barcelona setelah ditebus dengan biaya yang mencapai 35,5 juta euro.

Sejak saat itu, Alves berkembang menjadi salah satu bek kanan terbaik sepanjang masa. Dia berhasil membantu Blaugrana meraih banyak gelar seperti La Liga dan Liga Champions.

Setelah meninggalkan Barcelona pada 2016, Alves akhirnya kembali ke klub pada musim ini. Dia bereuni kembali dengan mantan rekan setimnya yang kini menjadi pelatih kepala Blaugrana Xavi Hernandez.

Kalau Alves mampu mengecap kesuksesan selama berada di Camp Nou, bagaimana kabar pemain lainnya yang juga didatangkan Barcelona pada musim panas 2008? Berikut ini ulasannya.

1 dari 6 halaman

Seydou Keita

Seydou Keita dibeli Barcelona dari Sevilla dengan biaya transfer sebesar 14 juta euro. Dia didatangkan untuk menggantikan Deco yang hengkang ke Chelsea.

Pemain asal Mali ini menjadi pemain rotasi di lini tengah karena kehadiran Andreas Iniesta dan Xavi. Meski begitu, dia mampu mencatatkan 188 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 22 gol dan 14 assist.

Keita juga ikut memenangkan trofi selama berman di Barcelona pada 2008 hingga 2012. Dia berhasil meraih 14 trofi termasuk sixtuple winners pada musim pertamanya di klub.

2 dari 6 halaman

Gerard Pique

Bek Barcelona Gerard Pique. (c) AP Photo

Gerard Pique tidak menemukan kesuksesan saat bermain bersama Manchester United. Barcelona kemudian memulangkan sang bek ke Spanyol dalam kesepakatan senilai 5 juta euro.

Pique kemudian berhasil menjelma menjadi sosok yang tidak tergantikan di lini belakang Barcelona. Dia telah membela El Barca dalam 605 pertandingan di semua kompetissi.

Pique juga sukses mencetak 53 gol dan 13 assist dari penampilannya tersebut. Tak kurang dari 30 trofi telah berhasil dimenangkan Pique selama 14 musim bermain untuk Barcelona.

3 dari 6 halaman

Jose Manuel Pinto

Jose Manuel Pinto didatangkan Barcelona dari Celta Vigo dengan status bebas transfer. Dia pun menjadi kiper pilihan kedua di Barcelona, setelah Victor Valdes.

Jose Manuel Pinto memperkuat Barcelona selama enam musim. Sebagai kiper pelapis, dia cuma mencatatkan 87 penampilan di semua kompetisi untuk Blaugrana.

Kendati jarang tampil di lapangan, koleksi trofi Jose Manuel Pinto cukup banyak. Dia ikut memenangkan 14 trofi termasuk tiga gelar La Liga dan dua Liga Champions.

4 dari 6 halaman

Martin Caceres

Martin Caceres (c) AFP

Martin Caceres bergabung dengan Barcelona dari Villarreal dengan biaya yang dilaporkan sebesar 16,5 juta euro. Pemain internasional Uruguay ini tidak menjadi pilihan utama di lini belakang Blaugrana.

Caceres jarang bermain karena sering mendapat cedera. Selain itu dia menghadapi persaingan ketat dari bek Barcelona lainnya seperti Rafael Marquez, Gerard Pique dan Carles Puyol.

Caceres hanya bertahan satu musim di bawah asuhan Josep Guardiola sebelum dipinjamkan ke Juventus. Dia tercatat hanya memainkan 23 pertandingan saja untuk Barcelona.

5 dari 6 halaman

Alexander Hleb

Aleksandr Hleb (c) AFP

Alexander Hleb menjadi pemain favorit penggemar di Arsenal. Namun, dia secara mengejutkan memutuskan pindah ke Barcelona dengan biaya yang mencapai 17 juta euro.

Nahas bagi Hleb, dia tidak mampu bersinar di Camp Nou. Gelandang asal Belarusia tersebut kalah bersaing di lini tengah karena harus berhadapan dengan Xavi Hernandez, Andres Iniesta hingga Yaya Toure.

Alhasil, Hleb lebih banyak dipinjamkan ke klub lain sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke KS Samara pada 2012. Selama empat musim dikontrak Barcelona, Hleb hanya mencetak tiga assist dari 36 penampilan.

6 dari 6 halaman

Henrique

Barcelona mendapatkan servis Henrique dari klub Brasil, Palmeiras, seharga 8 juta euro. Pada usia 21 tahun, Henrique dipandang sebagai bek masa depan.

Henrique langsung dipinjamkan ke Bayer Leverkusen setelah bergabung dengan Barcelona. Namun, itu adalah awal dari akhir karier Henrique di Camp Nou.

Henrique tidak pernah membuat penampilan di tim utama Barcelona sekembalinya dari Jerman.
Sebaliknya, dia dipinjamkan ke Racing Santander sebelum akhirnya kembali ke tanah airnya bersama Palmeiras.

Sumber: Planet Football

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR