FOLLOW US:


Luke Shaw Dalam Bayang-Bayang Marcos Rojo

26-10-2015 16:40

 | Louis van Gaal

Luke Shaw Dalam Bayang-Bayang Marcos Rojo
Marcos Rojo © AFP

Bola.net - Bermain cemerlang dan konsisten semenjak pra musim digelar, Louis van Gaal harus menerima kenyataan pahit ketika bek muda andalannya Luke Shaw harus masuk ruang perawatan. Tekel horor Bek PSV Hector Moreno harus membuat Shaw menderita patah kaki dan harus dirawat dalam waktu yang lama.

Absennya Luke Shaw sempat membuat Louis van Gaal kebakaran jenggot. Meski sejatinya ia memiliki Daley Blind yang bisa dimainkan sebagai bek kiri namun mantan manajer Timnas Belanda tersebut beberapa kali memaksa Matteo Darmian yang sejatinya berposisi sebagai bek kanan untuk bermain sebagai bek kiri. Hasilnya bisa ditebak, Darmian tidak tampil optimal sebagai bek kiri kendati ia tidak terlalu buruk bermain diposisi itu.

Di tengah kegalauan Van Gaal mengenai siapa yang harus mengisi posisi Shaw tersebut tiba-tiba sosok Marcos Rojo masuk dan mengatasi semua kegelisahan Van Gaal tersebut. Diawal musim Van Gaal dikabarkan sempat berseteru dengan Rojo karena sang pemain dianggap teledor tentang Visa nya sehingga ia telat untuk bergabung dengan skuad Setan Merah.

Meski sempat dikabarkan ada perang dingin antara keduanya, Louis van Gaal toh akhirnya memainkan bek Argentina tersebut pada laga melawan Southampton. Meski hanya tampil 67 menit, Rojo yang sempat diparkir Van Gaal selama beberapa pekan sukses menampilkan performa yang apik dalam pertandingan tersebut.

Perlahan tapi pasti, Louis van Gaal akhirnya memberi kepercayaan penuh kepada Rojo untuk tampil mengisi posisi yang ditinggalkan Luke Shaw. Rojo yang mulai bermain penuh semenjak laga melawan Everton membayar lunas kepercayaan Louis van Gaal dengan tampil bagus. Salah satu penampilan terbaiknya bisa dilihat pada laga Derby Manchester pada hari Minggu (25/10) malam kemarin.

Rojo yang tampil sebagai starter pada laga itu sukses mencatatkan penampilan yang bagus. Rojo mematikan pergerakan dari Kevin De Bruyne dan Jesus Navas sehingga kedua pemain tersebut tidak bisa berkontribusi banyak bagi The Citizen. Mengandalkan kekuatan fisik serta kecepatannya, Rojo menjadi tembok yang sulit untuk dilewati baik De Bruyne maupun Navas.

Performa apik Rojo pada laga tersebut juga didukung catatan statistik yang bagus pula. Menurut statistik yang dilansir Whoscored, pada laga derby kemarin Rojo membuat tujuh tekel, dua Intersep dan lima Clearance. Catatan ini mengalami peningkatan saat ia diturunkan pada laga kontra Everton dimana ia membuat empat intersep, empat tekel, satu clearance.

Jika dibandingkan statistik antara Rojo dan Shaw, Shaw sedikit lebih unggul atas catatan Marcos Rojo. Namun Luke Shaw perlu cemas karena statistik Rojo mengalami tren positif setiap laganya, sehingga bukan tida mungkin Shaw bisa kehilangan tempatnya dari Rojo setelah ia pulih dari cedera.(bola/dub)