Malang Sarr dan Deretan Pemain Prancis yang Gagal Bersinar di Chelsea

Aga Deta | 12 Agustus 2022 15:48
Chelsea menghadapi Crystal Palace pada ajang Premier League di Selhurst Park, Sabtu (19/2/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea tercatat sangat sering menggunakan jasa pemain yang berasal dari Prancis. Meski begitu, tidak semua pemain dari negara tersebut bisa bersinar di Stamford Bridge.

Salah satu pemain asal Prancis yang gagal bersinar bersama Chelsea adalah Malang Sarr. Sang bek tak masuk skema The Blues musim ini dan dipinjamkan ke AS Monaco pada musim panas.

Sarr tidak mendapat kesempatan bermain reguler setelah bergabung dengan Chelsea pada 2020 dari Nice. Pemain berusia 23 tahun bahkan sebelumnya sempat dipinjamkan ke Porto.

Sarr cuma memainkan 21 pertandingan untuk Chelsea. Dia pun akan melewatkan musim 2022/2023 di Ligue 1 bersama Monaco.

Sebelum Sarr, ada banyak pemain Prancis yang tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Chelsea. Berikut ini lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

Tiemoue Bakayoko

Tiemoue Bakayoko (c) CFC

Tiemoue Bakayoko dibeli Chelsea dengan biaya cukup besar pada Juli 2017. The Blues mendatangkan Bakayoko dari AS Monaco dengan biaya 40 juta euro.

Melihat harga tersebut, Bakayoko diharapkan bisa jadi jendral lini tengah The Blues yang baru. Sayangnya, harapan itu tidak terwujud jadi kenyataan.

Bakayoko tidak pernah menjadi pilihan utama di Stamford Bridge. Bakayoko kemudian dipinjamkan ke klub lain sejak tahun 2018, mulai dari AC Milan, AS Monaco, hingga Napoli.

2 dari 5 halaman

Loic Remy

Pada musim 2013/14, Loic Remy menunjukkan performa terbaiknya bersama Newcastle. Dia berhasil mencetak 14 gol dalam 27 pertandingan untuk The Magpies

Remy kemudian pindah ke Chelsea di bawah asuhan Jose Mourinho pada 2014. Namun, Mourinho tidak terlalu banyak memberikan kesempatan bermain kepada Remy.

Alhasil, karier Remy di Stamford Bridge tidak terlalu bagus. Sempat dipinjamkan ke Crystal Palace, Remy akhirnya meninggalkan Chelsea pada 2017 dengan bergabung Las Palmas.

3 dari 5 halaman

Emmanuel Petit

Emmanuel Petit bergabung dengan Chelsea pada 2001. Gelandang asal Prancis tersebut bergabung dengan tim asuhan Claudio Ranieri setelah satu musim membela Barcelona.

Selama tiga tahun di Stamford Bridge, Petit mengemas 69 penampilan di semua kompetisi dengan koleksi dua gol dan tujuh assist. Namun sayang, ia gagal meraih trofi juara bersama Chelsea.

Petit mendapat cedera parah pada musim terakhirnya bersama Chelsea sehingga hanya mampu bermain empat kali di Premier League sepanjang tahun. Dia meninggalkan The Blues pada 2004 dan kemudian pensiun setelah gagal menemukan klub baru.

4 dari 5 halaman

Lassana Diarra

Lassana Diarra memulai kariernya bersama tim Prancis, Le Havre. Chelsea kemudian membeli Diarra pada tahun 2005.

Tapi Diarra kesulitan mendapat tempat reguler di Stamford Bridge. Gelandang asal Prancis tersebut hanya 31 kali di semua pertandingan selama tiga musim.

Diarra meniggalkan Chelsea dengan bergabung Arsenal pada 2007. Dia juga pernah membela Portsmouth, Real Madrid, Anzhi Makhachkala, Lokomotiv Moscow, Marseille hingga Al Jazira sebelum pensiun di PSG.

5 dari 5 halaman

Kurt Zouma

Kurt Zouma (c) AP Photo

Kurt Zouma datang ke Chelsea pada 2014 usai dibeli dari Saint-Etienne. Perjalanan karier Zouma terbilang naik turun di Stamford Bridge.

Zouma memainkan 151 penampilan bersama Chelsea dengan menyumbang 10 gol. Bek asal Prancis tersebut juga sempat dipinjamkan ke Stoke City dan Everton.

Bersama Chelsea, Zouma ikut merasakan gelar Premier League, Liga Champions serta Piala Super Eropa. Dia akhirnya meninggalkan The Blues secara permanen pada 2021 dengan bergabung West Ham.

Sumber: berbagai sumber

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR