FOLLOW US:


Punya Cristiano Ronaldo di Skuatnya, 7 Pelatih Ini Justru Dipecat

25-11-2021 14:02

 | Aga Deta

Punya Cristiano Ronaldo di Skuatnya, 7 Pelatih Ini Justru Dipecat
Ole Gunnar Solskjaer dan Cristiano Ronaldo di laga Manchester United © AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo bisa dibilang sebagai pemain idaman setiap pelatih. Pasalnya, bintang Portugal tersebut punya kemampuan yang luar biasa di atas lapangan.

Ronaldo merupakan pencetak gol yang sangat tajam. Pemain berusia 36 tahun tersebut sudah mengoleksi 684 gol di level klub.

Tak hanya itu, Ronaldo juga punya mental juara. Mantan pemain Real Madrid tersebut sudah memenangkan banyak gelar bersama klub yang dibelanya.

Karena itu, kehadiran Ronaldo dianggap bisa membuat segalanya lebih mudah bagi pelatih manapun. Akan tetapi, kenyataannya tidak selalu demikian.

Beberapa pelatih ketiban sial saat menangani Ronaldo. Mereka dipecat klubnya meski punya pemain terbaik dunia seperti Ronaldo di skuatnya.

Berikut ini tujuh pelatih yang dipecat saat menangani Ronaldo.

1 dari 7

Manuel Pellegrini

Manuel Pellegrini
Manuel Pellegrini © whu

Manuel Pellegrini merupakan pelatih pertama Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Dia datang ke klub bersamaan dengan Ronaldo pada tahun 2009.

Performa Ronaldo di bawah asuhan Pellegrini sangat baik. Ronaldo mampu mencetak 33 gol dan 12 assist dari 35 pertandingan.

Namun, karier Pellegrini di Santiago Bernabeu tidak berjalan mulus. Pasalnya, pelatih asal Chile tersebut dipecat pada akhir musim.

2 dari 7

Jose Mourinho

Jose Mourinho
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho © AP Photo

Jose Mourinho bekerja sama dengan Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Pelatih asal Prtugal tersebut datang ke Santiago Bernabeu pada tahun 2010.

Ronaldo tampil sangat produktif di bawah asuhan Mourinho. Dia mampu mencetak 168 gol dari 164 pertandingan selama tiga musim.

Mourinho berhasil mempersembahkan La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol untuk Real Madrid. Akan tetapi, dia dipecat pada akhir musim 2012/2013.

3 dari 7

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. © AP Photo

Carlo Ancelotti pertama kali melatih Real Madrid pada musim 2013/2014. Namun di akhir musim keduanya, Don Carlo dipecat oleh presiden Los Blancos.

Selama dua musim menangani Real Madrid, prestasi Ancelotti terbilang cukup bagus. Dia mampu meraih empat titel juara termasuk satu gelar Liga Champions.

Cristiano Ronaldo memainkan pertandingan di semua kompetisi di bawah Ancelotti. Dia berhasil mencetak 112 gol dan 47 assist.

4 dari 7

Rafael Benitez

Rafael Benitez
Pelatih Everton, Rafael Benitez. © AP Photo

Rafael Benitez adalah pengganti Carlo Ancelotti di Real Madrid. Pelatih asal Spanyol tersebut ditunjuk sebagai pelatih Los Blancos pada 3 Juni 2015.

Dibekali pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, Benitez gagal mendongkrak performa Real Madrid. Akibatnya, mantan pelatih Liverpool tersebut tidak bertahan lama di Santiago Bernabeu.

Benitez didepak dari jabatannya pada 4 Januari 2016. Posisinya kemudian digantikan Zinedine Zidane.

5 dari 7

Maurizio Sarri

Maurizio Sarri
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. © AP Photo

Maurizio Sarri berlabuh ke Juventus setelah mundur dari Chelsea. Dia menjadi mentor baru bagi Cristiano Ronaldo pada musim 2019/2020.

Seperti yang dilakukan pelatih sebelumnya, Sarri mampu membawa Juventus meraih gelar Serie A. Akan tetapi, Bianconeri tidak bisa berbuat banyak di Liga Champions.

Kegagalan di pentas Liga Champions membuat Sarri dipecat Juventus pada akhir musim. Pelatih yang kini menukangi Lazio tersebut harus angkat kaki meski baru semusim menangani Ronaldo.

6 dari 7

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. © AP Photo

Andrea Pirlo diangkat menjadi pelatih Juventus setelah berpisah dengan Maurizio Sarri. Itu merupakan pengalaman pertamanya menjadi pelatih setelah pensiun sebagai pemain.

Pirlo sebenarnya berhasil menyumbang trofi untuk La Vechia Signora. Mantan pemain AC Milan tersebut mempersembahkan trofi Coppa Italia dan Super Coppa Italia.

Akan tetapi, Juventus kehilangan gelar Serie A musim 2020/2021 dan nyaris gagal meraih posisi empat besar klasemen akhir. Alhasil, Pirlo pun harus menyerahkan jabatannya.

7 dari 7

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. © AP Photo

Ole Gunnar Solskjaer menyambut kedatangan Cristiano di Manchester United dengan gembira. Bintang asal Portugal tersebut diharapkan bisa membantu Solskjaer mengakhiri puasa gelar.

Akan tetapi, kehadiran Ronaldo justru membuat segalanya menjadi sulit bagi Solskjaer. Man United justru kerap meraih hasil yang buruk di lapangan.

Serangkaian hasil buruk membuat Solskjaer harus meninggalkan Old Trafford. Solskjaer berpisah dengan Setan Merah setelah hampir tiga tahun menangani klub.

Sumber: Berbagai Sumber