FOLLOW US:


5 Alternatif untuk Shin Tae-yong di Timnas U-19: Para Pemain Didikan Fakhri Husaini

16-09-2020 11:49

 | Asad Arifin

5 Alternatif untuk Shin Tae-yong di Timnas U-19: Para Pemain Didikan Fakhri Husaini
Timnas Indonesia U-19 © dok. PSSI

Bola.net - Shin Tae-yong punya banyak opsi jika ingin melakukan penambahan pemain di Timnas Indonesia U-19. Sebab, para pemain kunci Timnas U-19 era Fakhri Husaini mulai sembuh dari cedera dan siap untuk bersaing.

Di bawah kendali Fakhri Husaini, Timnas U-19 sempat tampil cukup menjanjikan. Fakhri Husaini meracik skuad dengan pemain yang banyak diambil dari Timnas U-16 saat menjadi juara Piala AFF 2018.

Timnas U-19 kini tengah berada di Kroasia untuk pemusatan latihan. Dalam dua pekan pertama, Timnas Indonesia U-19 mengikuti turnamen bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020. Namun, hasilnya tak sesuai dengan harapan karena Timnas U-19 menelan dua kekalahan dan hanya sekali imbang.

Timnas U-19 kebobolan 13 gol dalam tiga laga dan hanya mampu mencetak empat gol. Catatan ini sangat mengecewakan buat Timnas U-19 yang dipersiapkan tampil di Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20.

Shin Tae-yong sadar permasalahan utama yang dimiliki timnya berasal dari lini belakang. Selain itu, para pemainnya juga masih gugup dan kerap kehilangan konsentrasi ketika ditekan terus-terusan oleh lawan.

Dengan penundaan Piala AFC U-19 ke tahun depan, artinya Shin Tae-yong punya banyak waktu untuk melakukan perombakan pemain. Untuk saat ini, Shin Tae-yong akan menjadikan empat laga uji coba yang tersisa di Kroasia sebagai ajang penilaian.

Pemain yang pada kenyataanya tak mampu mengeluarkan performa terbaik, kemungkinan besar akan dicoret. Shin Tae-yong tak perlu kesulitan mencari nama baru andai melakukan perombakan skuat usai pemusatan latihan di Kroasia.

Terdapat beberapa nama pemain warisan Fakhri Husaini yang layak dijajal di Timnas Indonesia U-19. Tercatat ada lima pemain potensial yang layak diberikan kesempatan kedua oleh Shin Tae-yong. Siapa saja?

1 dari 5

Rendy Juliansyah

Rendy Juliansyah
Selebrasi Rendy Juliansyah (9) usai cetak gol. © PSSI

Rendy Juliansyah merupakan gelandang langganan yang dipanggil Timnas U-16 dan Timnas Indonesia U-19 saat diasuh pelatih Fakhri Husaini. Namun, namanya sama sekali tak dilirik oleh pelatih Shin Tae-yong.

Padahal, Rendy merupakan tipikal gelandang yang komplet. Tak hanya menjadi motor serangan, Rendy juga bisa diandalkan dalam urusan mencetak gol.

Tak jarang Rendy dimainkan sebagai second striker. Pelatih Shin Tae-yong layak memberikan pemain 18 tahun itu kesempatan memperkuat Timnas Indonesia U-19.

2 dari 5

Fajar Fathur Rahman

Fajar Fathur Rahman
Fajar Fathur © Garuda Select for Bola.net

Fajar Fathur Rahman merupakan penyerang muda yang pernah menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia U-19. Namun, namanya tersisih ketika Timnas U-19 beralih ke pelatih Shin Tae-yong.

Padahal, semasa diasuh pelatih Fakhri Husaini, Fajar Fathur Rahman tampil mengesankan di lini depan. Fajar merupakan penyerang dengan kemampuan tembakan akurat dan kecepatan berlari.

Pelatih Shin Tae-yong layak memberikan kesempatan pada Fajar. Apalagi saat ini lini depan Timnas U-19 belum sesuai dengan harapan karena masih tumpul.

3 dari 5

Ernando Ari

Ernando Ari
Ernando Ari Sutaryadi © Bola.com/Aditya Wani

Ernando Ari Sutaryadi sejatinya masuk dalam daftar pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Namun, kiper Persebaya Surabaya itu mengalami cedera sehinggal dicoret oleh Shin Tae-yong.

Soal kemampuan, Ernando Ari Sutaryadi tentu saja tak perlu diragukan. Ernando Ari merupakan andalan pelatih Fakhri Husaini saat membesut Timnas U-16 dan U-19.

Pelatih Shin Tae-yong layak memberikan kesempatan kedua buat Ernando Ari saat sudah pulih nanti. Apalagi saat ini kiper Muhammad Adi Satryo belum mampu tampil mengesankan di Timnas U-19.

4 dari 5

Sutan Zico

Sutan Zico
Sutan Zico merayakan golnya ke gawang Timnas Iran U-19 pada hari Rabu (11/9) © Bola.com/Vincentius Atmaja

Sutan Diego Armando Zico pernah menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 saat masih diasuh pelatih Fakhri Husaini. Pemain berusia 18 tahun itu tak perlu diragukan lagi ketajamannya.

Sutan Zico sukses mencetak 14 gol dalam delapan pertandingan. Awalnya, Sutan Zico terpilih mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong di Jakarta.

Namun, nama Sutan Zico tersisih. Pelatih Shin Tae-yong layak untuk memberikan kesempatan kedua kepada pemain jebolan akademi Chelsea di Singapura (JSSL Chelsea FC).

5 dari 5

Bagus Kahfi

Bagus Kahfi
Bagus Kahfi saat memeperkuat Garuda Select © Garuda Select for Bola.net

Nama Bagus Kahfi tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pemain berusia 18 tahun itu kerap menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia U-16 dan U-19.

Penampilan apik Bagus Kahfi membuat dirinya dua kali terpilih dalam skuat Garuda Select. Namun, saat ini Bagus Kahfi sedang dalam proses pemulihan cedera.

Jika sudah sembuh, Bagus Kahfi layak diberi kesempatan oleh pelatih Shin Tae-yong. Apalagi, lini depan Timnas U-19 saat ini belum mampu tampil sesuai harapan.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Wiwig Prayugi,16 September 2020)