FOLLOW US:


5 Fakta Calon Pelatih PSIS Semarang Pengganti Dragan Djukanovic, Mengarah ke Ian Gillan?

15-09-2021 12:13

 | Asad Arifin

5 Fakta Calon Pelatih PSIS Semarang Pengganti Dragan Djukanovic, Mengarah ke Ian Gillan?
Pemain PSIS Semarang, Fandi Eko Utomo (kiri), merayakan gol kedua yang dicetaknya ke gawang Persikabo 1973 dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo. Kamis (25/3/2021). © Bola.net/Arief Bagus

Bola.net - PSIS Semarang akan mendatangkan pelatih anyar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Dragan Djukanovic. Dragan memilih hengkang jelang bergulirnya BRI Liga 1 2021/2022.

PSIS harus mencari pengganti karena Imran Nahumarury yang menjadi caretaker tidak memenuhi persyaratan. Para kontestan BRI Liga 1 harus punya pelatih dengan lisensi minimal Pro AFC atau yang setara.

Nama Ian Gillan disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganti Dragan Djukanovic. Pelatih Skotlandia berpaspor Australia itu dinilai cocok karena punya segudang pengalaman di kompetisi Asia Tenggara.

Ian Gillan pernah berkarir di Malaysia bersama Kedah FA dan Serawak FA dan pernah menukangi kontestan Liga Filipina, Ilocos United. Dia juga pernah menangani Perth Glory.

Lantas, bagaimana perkembangan perburuan pelatih kepala PSIS Semarang? Simak beberapa fakta berikut ini ya Bolaneters.

1 dari 5

Kantongi Satu Nama

Kantongi Satu Nama
Manager PSIS Semarang, Wahyu ?Liluk? Winarto © PSIS for Bola.net

Menurut General Manager PSIS Semarang, Wahyu 'Liluk' Winarto, manajemen sudah mengantongi satu nama pelatih. Namun, yang bersangkutan belum bisa didatangkan karena masih ada kendala.

"Kalau pelatih kami sudah ada satu nama, cuma memang masih terkendala proses administrasi," kata Liluk kepada Bola.net, Rabu (15/09/2021).

"Harapan kami kan segera clear, dan dia segera bergabung," imbuh pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Semarang itu.

2 dari 5

Ditargetkan Tiba Sebelum Laga Keempat

Ditargetkan Tiba Sebelum Laga Keempat
BRI Liga 1 2021/22 pekan ke-2: Persija Jakarta vs PSIS Semarang © Bola.net/ M Iqbal Ichsan

Dikatakan Liluk, calon pelatih PSIS Semarang ditargetkan bisa bergabung sebelum laga pekan keempat. Itu terkait regulasi yang berlaku di BRI Liga 1 2021/2022.

"Kalau menurut regulasi, caretaker pelatih kan boleh empat kali pertandingan. Mungkin harapan kami sebelum itu lah. Kami kan baru dua pertandingan," tegas Liluk.

Dalam dua laga terakhir, PSIS masih dipimpin oleh caretaker pelatih, Imran Nahumarury. Dia mengambil alih tim sejak Laskar Mahesa Jenar menggelar persiapan untuk BRI Liga 1.

3 dari 5

Sudah Paham Kekuatan PSIS

Sudah Paham Kekuatan PSIS
Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic, mendapat kartu merah saat timnya melawan Barito Putera, Piala Menpora 2021. © (Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan)

Pelatih yang akan menggantikan posisi Dragan Djukanovic sudah lebih dulu memahami permainan tim. Karena dia sudah mempelajari kekuatan PSIS sebelum tiba di Semarang.

"Kami sudah melakukan video call, dia kemarin mengamati dua pertandingan lawan Persela dan Persija, paling tidak sudah tahu gambaran tim dari PSIS," Liluk menambahkan.

"Kami sudah berbicara banyak terkait kondisi tim, karakter tim, dia mengerti betul kondisi tim PSIS," tegas pria yang juga pendukung Manchester United tersebut.

4 dari 5

Berpengalaman di Asia

Berpengalaman di Asia
Bek PSIS, Riyan Ardiansyah merayakan gol kemenangan kontra Persela pada pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (04/09/2021) © Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Liluk menegaskan bahwa manajemen tidak sembarangan menentukan pelatih kepala PSIS. Dia memilih juru taktik yang sudah berpengalaman dan bisa mengangkat prestasi tim Kota Lumpia.

"Jelas kami sudah tahu pengalamannya dia, harapan kami dia cepat bisa ke sini dan bisa bergabung, artinya bisa membawa PSIS lebih baik lagi," tegas Liluk.

"Untuk pengalaman, saya kira kami sudah punya track record-nya," Liluk memastikan.

5 dari 5

Mengarah ke Ian Gillan?

Terkait nama Ian Gillan yang belakangan ini kerap dikaitkan dengan PSIS Semarang. Liluk tidak membantah ataupun membenarkan.

Hanya saja dia belum bisa berbicara banyak sebelum datang ke Semarang.

"Kami lihat aja nanti, ditunggu aja. Itu kan masih rumor, kalau datang di sini kami akan melakukan jumpa pers," tandasnya.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)