FOLLOW US:


5 Pelatih yang Posisinya Terancam di BRI Liga 1 2021/2022

15-09-2021 09:46

 | Gia Yuda Pradana

5 Pelatih yang Posisinya Terancam di BRI Liga 1 2021/2022
Tim peserta BRI Liga 1 2021-2022. © Bolanet

Bola.net - BRI Liga 1 2021/2022 yang disiarkan Indosiar sudah berjalan dua pekan. Dari start kompetisi musim ini, kita bisa mulai tahu gambaran prospek tim kedepannya.

Misalnya, tim yang punya potensi untuk bersaing di papan atas. Ada juga klub yang kelihatannya akan terseok-seok di posisi bawah.

Jadi, akan menarik jika kita mengupas perihal pencapaian tim yang di dua laga awal terbenam di papan bawah. Sebab, hal itu berkaitan dengan posisi pelatih yang bisa saja terancam.

Siapa saja pelatih yang sekiranya dalam situasi terancam itu bisa diambil dari posisi klasemen. Persisnya, juru racik tim yang ada di zona degradasi dan papan bawah.

Siapa saja pelatih yang sampai pekan kedua belum mampu membawa timnya menemukan performa terbaik? Langsung saja kita ulas lima nama berikut ini.

1 dari 5

Jacksen F. Tiago

Jacksen F. Tiago
Pemain Persipura Jayapura pada duel melawan Persita Tangeran di pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 © Bagaskara Lazuardi

Dua kali main, dua kali kalah menjadi awal yang buruk buat Persipura Jayapura. Praktis, kursi pelatih Jacksen F Tiago menjadi tidak nyaman.

Pada pekan pertama, Mutiara Hitam takluk 1-2 dari Persita Tangerang. Di pekan kedua lanjut kalah lagi, kali ini dari Persela Lamongan dengan skor 0-1.

Akibatnya, Persipura sementara berada di peringkat terbawah. Jika tidak segera bangkit, Jacksen F Tiago adalah orang pertama yang harus bertanggung jawab.

2 dari 5

Djadjang Nurdjaman

Djadjang Nurdjaman
Pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman. © Official PSIS

Jadwal awal musim buat Barito Putera di BRI Liga 1 2021/2022 agaknya tidak bersahabat. Sebab, Laskar Antasari harus menghadapi lawan kuat pada pekan pertama dan kedua.

Pada pekan pertama, Barito Putera keok 0-1 dari Persib Bandung. Di pekan kedua, giliran ditekuk Bali United 1-2.

Fakta itu membuat pelatih Djadjang Nurdjaman berada dalam tekanan karena saat ini Barito Putera bertengker di peringkat ke-17 alias dua dari bawah. Perbaikan prestasi wajib dilakukan dengan cara sesegera mungkin memetik kemenangan.

3 dari 5

Igor Kriushenko

Igor Kriushenko
Pelatih Persikabo 1973, Igor Kriushenko, saat melawan Arema FC pada laga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/3/2021). Kedua tim bermain imbang 1-1. © Bola.net/M Iqbal Ichsan

Hasil Persikabo 1973 di dua pekan awal BRI Liga 1 2021/2022 juga tidak memuaskan. Imbang 1-1 kontra Madura United dan kalah 1-3 dari Persebaya Surabaya membuat Laskar Padjajaran kini berada di posisi 16 klasemen sementara.

Otomatis, pelatih Igor Kriushenko juga mulai panas dingin. Dengan materi pemain yang tidak banyak berubah dari musim kemarin, seharusnya ia mampu memberi hasil lebih baik di awal musim.

Pembuktian harus diperlihatkan pada pekan ketiga nanti saat Persikabo 1973 bersua Persik Kediri. Bisa jadi, hanya kemenangan yang membuat manajemen tetap percaya dengan kemampuan sang pelatih.

4 dari 5

Dejan Antonic

Dejan Antonic
Pelatih PS Sleman, Dejan Antonic © Muhammad Iqbal Ichsan

Mengawali kompetisi dengan hasil imbang 1-1 kontra tim besar Persija Jakarta, PSS Sleman ternyata malah kalah pada pekan kedua. Kekalahan itu diderita dari Persiraja Banda Aceh dengan skor 2-3.

Hasil itu membuat PSS kini ada di papan bawah dan menghuni posisi 15. Alhasil, pelatih Dejan Antonic harus mengevaluasi tim, terutama mencari penyebab kekalahan dari Persiraja yang merupakan klub promosi.

Dejan Antonic juga dituntut jangan sampai terpeleset pada pekan ketiga saat menghadapi Arema FC. Jika sampai kalah lagi, posisi pelatih asal Serbia itu bisa panas.

5 dari 5

Angelo Alessio

Angelo Alessio
BRI Liga 1: Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio © Bola.net/M Iqbal Ichsan

Harapan besar Persija ditaruh ke pundak Angelo Alessio yang merupakan mantan asisten Antonio Conte di Juventus, Timnas Italia, hingga Chelsea. Tapi ternyata dari dua pertandingan awal BRI Liga 1, Macan Kemayoran hanya bermain seri.

Pada pekan pertama menghadapi PSS, hasilnya sama kuat 1-1. Lanjut hasil pekan kedua kemarin juga sama saja, Persija imbang 2-2 dengan PSIS Semarang.

Oleh karena itu, Angelo Alessio harus segera menghadirkan kemenangan agar posisinya tetap aman di Persija. Sebab jika gagal menang lagi hingga pekan ketiga kontra Persipura, peringkat tim Ibu Kota bisa tambah melorot lantaran sekarang ada di peringkat ke-14.

(Bola.net/Fitri Apriani)