FOLLOW US:


Indra Sjafri Berharap Liga 2 dan Liga 3 Jadi Panggung Pemain Muda

11-01-2018 10:13
Indra Sjafri Berharap Liga 2 dan Liga 3 Jadi Panggung Pemain Muda
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri © PSSI

Bola.net - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, berharap bahwa kompetisi Liga 2 dan Liga 3 bisa menjadi wadah untuk mencetak pemain muda yang berkualitas. Sehingga di dalam kompetisi tersebut memang tidak diperlukan kehadiran pemain asing.

Menurut pelatih 54 tahun yang sekarang menjabat sebagai pencari bakat di PSSI tersebut, kehadiran pemain asing hanya diperlukan untuk kasta tertinggi liga Indonesia. Pasalnya tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran pemain asing yang memiliki nama populer sangat penting untuk kemajuan klub secara profesional.

Seperti yang diketahui bahwa klub Liga 1 memang diberikan hak untuk mendatangkan pemain asing maksimal empat pemain. Satu untuk marquee player, dua pemain asing dari negara manapun, dan satu lagi pemain asia.

Sementara itu untuk level Liga 2 dan Liga 3, klub tidak diperbolehkan menurunkan pemaing asing. Menurut Indra Sjafri, hal ini baik untuk perkembangan dua kompetisi tersebut.

"Saya berharap Liga 2 dan Liga 3 jadi wadah untuk kita memberikan kesempatan kepada pemain muda," ucapnya seperti dikutip Republika.

"Liga 1 benar-benar profesional. Kalau tak ada asing akan sulit kelola sepak bola jadi industri profesional. Kalau bicara industri, bicara brand, daya tarik pemain asing ini sangat membantu," jelasnya.