FOLLOW US:


Joko Susilo Sebut Empat Tim Berpeluang jadi Kampiun Piala Presiden 2019

13-03-2019 11:14
Joko Susilo Sebut Empat Tim Berpeluang jadi Kampiun Piala Presiden 2019
Piala Presiden 2019. © bola

Bola.net - Joko Susilo membeber analisisnya soal tim-tim yang berpeluang menjuarai Piala Presiden 2019. Menurut Asisten Pelatih Timnas Indonesia, ada empat tim yang punya kans besar jadi juara pada turnamen yang disiarkan oleh Indosiar.

Menurut Joko, salah satu tim yang ia jagokan untuk menjadi juara adalah Arema. Ia mengaku, hal ini tak lepas dari sejarah panjangnya bersama klub berlogo singa mengepal tersebut.

"Tentu saja, sebagai orang Arema, saya menjagokan Arema," ucap Joko, pada Bola.net.

Selain Arema, Joko menyebut Persija sebagai kandidat kuat juara turnamen ini. Menurutnya, Macan Kemayoran memiliki kesiapan untuk terjun di Piala Presiden 2019. Tak ketinggalan, ia pun menyebut nama Bali United yang bisa menjadi pesaing utama tim-tim peserta Piala Presiden untuk memperebutkan gelar juara.

"Ada juga Persebaya yang menurut saya memiliki kesempatan berprestasi pada ajang ini," kata pelatih berusia 48 tahun tersebut.

"Namun, yang sedikit menjadi masalah bagi mereka adalah jika pemain-pemain mereka dipanggil ke tim nasional," sambungnya.

Apa alasan Joko menjagokan empat tim ini? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Faktor Pemain Asing

Menurut Joko, ada banyak faktor yang mendasarinya memilih empat tim ini sebagai kandidat kuat juara Piala Presiden 2019. Namun, di antara pelbagai faktor, ada satu yang sangat berperan.

"Faktor tersebut adalah keberadaan pemain asing di empat tim ini. Para pemain asing mereka bisa menjadi pembeda," ujar Joko.

"Di Indonesia, kontribusi pemain asing sangat berperan. Nah, di empat tim ini saya lihat ada pemain asing yang sangat bagus," imbuhnya.

2 dari 3

Bukan Gambaran Kompetisi

Joko menilai empat tim yang dijagokannya meraih gelar juara Piala Presiden tak otomatis bakal moncer juga di kompetisi Liga 1 2019. Pasalnya, menurut pelatih yang saat ini sedang mengikuti kursus kepelatihan AFC Pro, Piala Presiden tak bisa memberikan gambaran utuh kekuatan tim-tim pesertanya.

"Saya yakin, setelah Piala Presiden ini, akan banyak perubahan di tim-tim yang ada," ucap Joko.

"Tim-tim tentu akan melakukan evaluasi pada kekuatan mereka. Tim yang tak berhasil tentu berbenah termasuk mengubah komposisi pemain mereka. Inilah memang guna turnamen pramusim," tuturnya.

3 dari 3

Berita Video

Berita video statistik Juventus vs Atletico Madrid pada 16 besar Liga Champions 2018-2019 leg kedua, Rabu (13/3/2019) di Allianz Stadium, Turin.