FOLLOW US:


Jokowi Batal Hadir di Final Leg Kedua Piala Presiden 2019

12-04-2019 08:31
Jokowi Batal Hadir di Final Leg Kedua Piala Presiden 2019
Presiden Joko Widodo melambaikan tangan kepada penonton di Gelora Bung Karno. © AFP

Bola.net - Kepastian batalnya Presiden RI, Joko Widodo, hadir langsung pada laga leg kedua Final Piala Presiden 2019 dipastikan tak akan mengubah jadwal pertandingan dan susunan acara closing ceremony. Hal ini diungkapkan Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Jokowi -sapaan karib Joko Widodo- berencana untuk menyaksikan langsung leg kedua Final Piala Presiden 2019, yang akan dihelat di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jumat (12/04) malam. Jokowi juga dijadwalkan akan menyerahkan langsung trofi ini kepada tim pemenang.

Namun, Jumat (12/04) pagi, Jokowi dipastikan batal hadir dalam acara tersebut. Selain itu, seluruh agendanya di Jawa Timur pun dibatalkan.

"Rangkaian acara closing ceremony ini merupakan kewenangan PSSI dan pihak host broadcast. Namun, sampai saat ini, tak ada perubahan rundown acara," ucap Sudarmaji, pada Bola.net, Jumat (12/04).

Bagaimana perubahan teknis pengamanan setelah Presiden dipastikan batal hadir? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Ubah Fokus Pengamanan

Lebih lanjut, batalnya Jokowi hadir langsung di Kanjuruhan juga menimbulkan pertanyaan soal prosedur pengamanan. Pasalnya, dari rencana jumlah personel pengamanan saja, laga ini mencetak rekor.

Jika biasanya pertandingan Arema hanya dijaga oleh sekitar 1300-an personel, tak demikian dengan pertandingan ini. Rencananya, pertandingan ini bakal diamankan oleh sekitar 4280 personel.

Apakah akan ada perubahan pola pengamanan dan jumlah personel pengamanan dengan batalnya Jokowi hadir di tribune? Sudarmaji tak bisa memastikan. Pasalnya, menurut pria berusia 43 tahun tersebut, hal ini merupakan kewenangan sepenuhnya kepolisian dan TNI.

"Namun, fokus pengamanan dan ketertiban tetap menjadi prioritas," tuturnya.

2 dari 2

Jam Kick Off Tetap

Batalnya Jokowi datang ke Malang dipastikan tak akan mengubah jam kick off laga leg kedua antara Arema dan Persebaya. Kick off laga ini dipastikan tetap akan berlangsung pada pukul 20.00 WIB.

Jika ada perubahan, hal tersebut akan terjadi pada soal siapa yang akan menyerahkan langsung trofi Piala Presiden pada juara turnamen ini. Pasalnya, sebelumnya, presiden lah yang direncanakan bakal langsung menyerahkan trofi tersebut.

Sudarmaji sendiri mengaku belum tahu siapa yang akan menggantikan presiden, menyerahkan trofi pada juara turnamen pramusim ini. "Kami belum mengonfirmasi PSSI," tutupnya.