FOLLOW US:


Menpora Segera Wujudkan Cita-Cita Besar 'Messi Indonesia'

16-02-2015 19:32
Menpora Segera Wujudkan Cita-Cita Besar 'Messi Indonesia'
Tristan Alif Naufal © prl
Bola.netBola.net - Tristan Alif Naufal semakin menyita perhatian pemandu bakat sepak bola |Eropa. Bocah yang kini menginjak usia 9 tahun itu segera resmi bergabung di akademi sepakbola terbaik di dunia Ajax Amsterdam, Belanda.

Bakat Alif Naufal ini juga mendapat perhatian serius dari Menpora Imam Nahrawi. Senin (16/2/2015) siang, Menpora didampingi Sesmenpora Alfitra Salamm dan Staf Khusus Muhammad Khusen Yusuf menerima Alif Naufal dan orang tuanya Ivan Trianto dan Irma Lansano di Lantai 10, Kemenpora, Jakarta.

Kepada Menpora, orang tua Alif, Ivan Trianto, menyampaikan terima kasih karena sudah diundang oleh Menpora langsung serta menceritakan keinginan besar Alif bergabung dengan akademi sepakbola Ajax, yang bergengsi di Eropa.

Ada persyaratan yang saat ini masih menjadi kendala bagi orang tua Alif yakni, mengenai izin tinggal dan jaminan pekerjaan orang tua Alif ketika di Belanda.

"Kami perlu izin tinggal di Belanda untuk sekeluarga agar Alif juga bisa bergabung di akademi Ajax atau Feyenoord. Sebab, sekarang yang dibutuhkan hanya itu (izin tinggal), kami berharap pemerintah mau membantu prosesnya, termasuk Kedubes RI di Belanda. Alif tak perlu trial atau tes untuk masuk akademi Ajax. Ini kesempatan besar dan tak mudah mendapatkannya. Para pelatih dan petinggi Ajax sangat berharap Alif sudah kembali ke Belanda, Maret 2015," kata ayah Alif, Ivan Trianto.

Menanggapi masalah tersebut, Menpora secepatnya akan berkoordinasi dengan pihak jajaran terkait khususnya Kemenlu untuk membantu proses izin tinggal dan pekerjaan orangtua Alif di Belanda.

"Saya apresiasi dengan prestasi yang dilakukan Alif sekarang, sebagai anak bangsa dia sangat membanggakan Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah akan membantu semaksimal mungkin untuk mewujudkan cita-cita Alif menjadi pemain kelas dunia yang bisa mengharumkan nama bangsa," kata Menpora Imam Nahrawi.

Sebelum ini, Alif memang sempat berada di Belanda. Ia sudah dua kali mendapat undangan berlatih bersama klub raksasa Eredivisie, Ajax Amsterdam. Kesempatan tersebut tak disia-siakan oleh Alif, yang langsung mencuri perhatian para pelatih dan petinggi Ajax.

Yang mengejutkan, Alif dinobatkan sebagai Most Valuable Player di Ajax International Camp 2014, di mana ajang tersebut diikuti oleh 250 anak dari 20 negara, yang berusia 8-16 tahun. Alif juga menjadi Best Player pada 1V1 category, yang kemudian membuat namanya semakin dikenal di Belanda.

Alif, yang dijuluki Lionel Messi-nya Indonesia itu, menjadi pemain Asia pertama yang meraih penghargaan tersebut.

"Ajax International Camp jadi ajang bergengsi di Belanda, dan Ajax memang sudah dikenal memiliki akademi bernama De Toekomst, yang merupakan akademi sepakbola terbaik di dunia versi FIFA," tambah ayah Alif, Ivan Trianto.