FOLLOW US:


Michael Essien Kenang Fanatisme Suporter Persib Bandung

19-05-2020 22:59

 | Dimas Ardi Prasetya

Michael Essien Kenang Fanatisme Suporter Persib Bandung
Michael Essien saat masih di Persib Bandung. © Fitri Apriani

Bola.net - Fanatisme suporter Persib Bandung nampaknya menyisakan kenangan tersendiri bagi mantan pemain Chelsea dan Real Madrid, Michael Essien.

Essien bergabung dengan Persib Bandung pada 2017. Pria asal Ghana itu diboyong dari klub Yunani, Panathinaikos dengan status marquee player.

Meskipun tak sampai setahun bermain di Persib, Michael Essien punya kenangan indah dengan suporter. Menurut Essien, Persib memiliki suporter yang banyak dan loyal mendampingi timnya bertanding kemanapun.

"Suporter mereka sangat fanatik. Persib memiliki kelompok suporter terbesar di Indonesia dan kemanapun kami pergi mereka punya banyak suporter," kata Michael Essien di akun Instagram jurnalis Afrika Selatan, Carol Tshabalala.

1 dari 2

Kendala Bermain di Indonesia

Michael Essien ternyata mengatakan bermain di Indonesia tidak mudah. Hal ini tak berkaitan dengan sisi teknis.

Ia mengatakan hal tersebut justru berkaitan dengan hal non-teknis. Lebih tepatnya soal cuaca panas yang ada di Indonesia.

"Namun, tak mudah buat saya bermain di sana karena sering menghadapi kendala jika bertanding pada sore hari. Saya berasal dari Ghana, namun panas di sini terasa berbeda. Untungnya kami lebih sering bermain pada malam hari dan itu bukan masalah buat saya," ungkap Michael Essien.

2 dari 2

Peran Nomor 10

Michael Essien berhasil tampil gemilang bersama Persib Bandung. Pada Liga 1 2017, Essien tampil sebanyak 29 kali dan menyumbangkan lima gol.

Namun, belakangan Essien kerap menghuni bangku cadangan dan bahkan tak tampil penuh. Hal itu terjadi karena ketika itu pelatih berusaha mengakali aturan di mana wajib memberi kesempatan bermain pada pemain usia di bawah 21 tahun.

"Mereka memiliki peraturan untuk memainkan pemain di bawah usia 21 tahun, minimal 45 menit. Pelatih akhirnya menyiapkan pemain untuk menjalankan peran saya sebagai nomor 10," tandas Essien.

Sumber Asli: Instagram Carol Tshabalala
Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 19 Mei 2020