FOLLOW US:


Pelatih Timnas Indonesia Jawab Kritikan Soal Formasi 3-4-3

14-06-2019 22:57

 | Simon McMenemy

Pelatih Timnas Indonesia Jawab Kritikan Soal Formasi 3-4-3
Simon Mcmenemy © Fitri Apriani

Bola.net - Kritikan datang menghampiri pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy pasca timnya takluk 1-4 dari Yordania. Banyak yang menilai jika kekalahan tersebut terjadi lantaran Simon salah menerapkan formasi.

Pada laga tersebut, mantan pelatih Bhayangkara FC ini menggunakan formasi 3-4-3. Skema itu memang jarang dipakai Timnas Indonesia, lantaran pelatih-pelatih sebelumnya lebih sering memakai formasi 4-3-3.

Menanggapi kritikan tersebut, Simon santai. Sebab, mantan pelatih Timnas Filipina ini hanya ingin agar timnya bisa berkembang.

"Kita Indonesia tolong kasih pemain kesempatan untuk mereka belajar. Mungkin terlalu banyak kita menuntut mereka (pemain) untuk memberikan lebih kepada Indonesia. Tetapi kita tahu ya bumi itu berputar, sepak bola itu terus berkembang dan kita harus ikut dengan itu," ujar Simon di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (14/6).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Tak Perlu Khawatir

Simon juga meminta agar masyarakat tak perlu cemas dengan kekalahan Timnas Indonesia dari Yordania. Terlebih di laga tersebut, banyak pelajaran yang didapatkan timnya.

"Tidak usah khawatir, tujuan kita tetap sama, buat Indonesia lebih baik lagi. Saya yakinkan setelah pertandingan lawan Yordania kemarin, di dalam dan di luar lapangan pemain akan lebih baik lagi," tutur Simon.

"Kalau nantinya kita akan bertemu tim dari Timur Tengah di Kualifikasi Piala Dunia, mudah-mudahan kita lebih siap, karena kita sudah dapat pembelajaran yang kita petik dari pertandingan lawan Yordania," imbuh arsitek asal Skotlandia ini.