Permohonan Persebaya Dikabulkan, PT LIB Ubah Jam Kick Off Kemalaman

Gia Yuda Pradana | 9 Agustus 2022 09:48
Salah satu aksi Bonek saat mendukung Persebaya Surabaya (c) Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Persebaya Surabaya akhirnya mendapat jawaban dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait permohonan perubahan jadwal kick off BRI Liga 1 2022/2023. Operator kompetisi mengabulkan permintaan tim Kota Pahlawan.

Kepastian itu didapat berdasarkan surat dari LIB bernomor 345/LIB-KOM/VIII/2022 yang diterima manajemen Persebaya.

Surat yang ditandatangani Hadian Lukita berisi tentang perubahan jam kick off di atas pukul 19.00 WIB.

Artinya, dari surat tersebut, dipastikan bahwa seluruh pertandingan kandang Persebaya pada tahun 2022 dengan jam kick off terlalu malam diubah menjadi sore hari, yakni pada pukul 15.30 dan 16.00 WIB.

Lantas, bagaimana tanggapan Persebaya atas dikabulkannya permohonan perubahan jam kick off? Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Tanggapan Persebaya

Sho Yamamoto (kanan) merayakan golnya di laga Persebaya Surabaya vs Persita Tangerang di pekan kedua BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (01/08/2022) malam WIB. (c) BRI Lig

Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri membenarkan bahwa pihaknya telah menerima surat balasan dari LIB. Dia menyambut baik karena permohonan Persebaya dikabulkan operator kompetisi.

Dia juga berharap keputusan tersebut bisa berdampak positif terhadap pelaksanaan pertandingan di lapangan. Sebab, jam kick off sudah lebih ramah.

”Apa yang diharapkan Persebaya sudah dipenuhi. Semoga sepak bola ini jauh lebih baik dan enggak ada insiden-insiden di lapangan,” katanya kepada Bola.net, Selasa (09/08/2022).

2 dari 5 halaman

Keputusan Penting

Logo PT Liga Indonesia Baru. (c) Bola.com/Dody Iryawan

Dikatakan Yahya, perubahan jam kick off sangat penting bagi Persebaya. Pasalnya, jika tetap bermain di atas pukul 20.00 WIB, ada kekhawatiran terkait keamanan.

Apalagi, Stadion Gelora Bung Tomo yang menjadi markas Persebaya berada di pinggiran kota. Ada potensi kerawanan jika pertandingan digelar terlalu malam.

”Ini penting buat kami karena keselamatan dan kesehatan nomor satu. Pengalaman sudah banyak kalau malam itu bahaya,” lanjut mantan manajer Persik Kediri tersebut.

3 dari 5 halaman

Bersurat 3 Kali

Persebaya Surabaya (c) Bola.com/Adreanus Titus

Akan tetapi, sebelum permohonan Persebaya dikabulkan LIB, pihaknya sudah berkali-kali mengirimkan surat. Sebelum dibalas, manajemen mengirimkan surat bernomor 95/PT.PI-VIII/2022.

”Kalau yang dalam minggu ini, dua kali. Kalau dari awal, total tiga kali mengirim surat,” jelas pria yang memimpin Persebaya U-20 saat juara Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 2019.

Di sisi lain, ada rencana dari suporter Persebaya, Bonek Mania untuk menggelar aksi turun jalan. Mereka mengancam melakukan demonstrasi di Kantor Indosiar Surabaya, siang ini.

4 dari 5 halaman

21 Pertandingan

BRI Liga 1 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Sementara itu, sebelum adanya perubahan dari LIB, ada 21 pertandingan Persebaya yang jam kick off-nya di atas pukul 20.00 WIB. Rinciannya adalah 9 laga kandang dan 12 partai tandang.

Dari 21 laga tersebut, 17 pertandingan digelar pada pukul 20.30 WIB dan 4 game lainnya pukul 20.00 WIB. Persebaya sudah menjalani 3 pertandingan dengan 1 di antaranya berlangsung di kandang.

Perubahan jam kick off sendiri hanya berlaku untuk laga kandang Persebaya. Untuk pertandingan tandang, kemungkinan besar tetap digelar di atas pukul 20.00 WIB.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR