FOLLOW US:


Profil Ansgar Knauff: Youngster Baru dengan Prospek Menjanjikan dari Dortmund

08-04-2021 14:38

 | Asad Arifin

Profil Ansgar Knauff: Youngster Baru dengan Prospek Menjanjikan dari Dortmund
Pemain muda Borussia Dortmund, Ansgar Knauff. © Borussia Dortmund Twitter

Bola.net - Borussia Dortmund seakan tidak pernah kehabisan stock pemain muda berbakat. Setelah Youssoufa Moukoko melakukan debut di tim senior Dortmund, muncul nama baru yakni Ansgar Knauff.

Knauff mencuri perhatian saat masuk starting XI di leg pertama perempat final Liga Champions 2020/2021 melawan Manchester City. Knauff bermain selama 63 menit pada laga yang dimenangkan Man City dengan skor 2-1 itu.

Statistik Knauff bisa dibilang tak begitu buruk yang hanya bermain selama 63 menit. Ia tercatat memiliki akurasi umpan sukses sebesar 50 persen dan berhasil melakukan dua kali dribble dari tiga percobaan yang dilakukannya.

Memang, permainannya belum terlihat cukup memberikan andil besar namun Knauff punya kans besar untuk terus berkembang bersama Dortmund. Berikut Profil singkat dari Ansgar Knauff.

1 dari 4

Profil Singkat

Lahir pada 10 Januari 2002, Ansgar Knauff Bergabung dengan Dortmund U-15 dari Hannover pada musim panas 2016 lalu. Knauff juga berhasil membantu Dortmund U-17 menjuarai Bundesliga West pada musim 2018/19.

Bermain secara konsisten, bocah berusia 19 tahun itu naik ke tim utama Dortmund U-19 di musim berikutnya. Ia berhasil mencetak lima gol dan tujuh asis dalam 18 pertandingan. Selain itu, Knauff bermain sebanyak tujuh kali di UEFA Youth League dan mencetak dua dari empat gol di turnamen tersebut.

Knauff akhirnya mendapatkan kontrak profesional pertamanya pada November 2020. Ia menandatangani kontrak tersebut hingga musim panas 2023 nanti.

Setelah debut seniornya pada laga melawan Zenit di fase grup, Knauff diberi kesempatan emas menjadi starter dalam laga perempat final melawan City. Ketika itu, Knauff baru berusia 19 tahun dan 86 hari.

2 dari 4

Gaya Bermain

Knauff menunjukkan potensi luar biasa saat melawan Cologne. Ia berhasil melewati tiga pemain Cologne dan mengakhiri drible ciamiknya menjadi gol dalam laga final German U-17 Championship 2019 lalu.

Gaya permainan Knauff persis dengan wonderkid asal Inggris yakni Jadon Sancho. Memiliki kecepatan, teknik olah bola luar biasa, dan umpan memanjakan, Knauff memiliki atribut yang cukup untuk bertahan di Dortmund dan diharapkan menjadi prospek menjanjikan bagi ‘The Black Yellows’.

3 dari 4

Tahukah Anda?

Petinggi Dortmund serta jajaran kepelatihan tertarik dengan Knauff setelah ia mencetak gol ajaib untuk Dortmund pada German U-17 Championship melawan Cologne.

Bocah 19 tahun itu juga menunjukkan kualitasnya saat semifinal yang mencetak satu gol dan membuat empat gol tambahan lagi dalam dua leg melawan Wolfsburg.

4 dari 4

Quotes Ansgar Knauff

"Mereka mengatakan kepada saya untuk berani, untuk masuk ke pertandingan dan coba mengubah keaadaan. Dan saya melakukannya, jelas saya sangat senang mendapatkan kesempatan untuk bermain di Bundesliga serta semuanya berjalan dengan baik tapi momen itu akan jauh lebih manis jika kita meraih kemenangan tandang," ucap Knauff tentang instruksi untuknya sebelum masuk dan melakukan debut Bundesliga dalam hasil imbang 2-2 atas Cologne.

"Knauff adalah penyerang muda yang sangat bertalenta dengan kecepatan yang baik dan keterampilan menggiring bola. Dia melakukan pra-musim terlebih dahulu, kemudiaN kita akan lihat apa yaNg terjadi selanjutnya," kata Direktur olahraga Dortmund, Michael Zorc.

"Kami sangat puas dengan perkembangan yang ditunjukkan oleh Ansgar," kata Koordinator Junior Dortmund, Lars Ricken.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)