FOLLOW US:


Semen Padang Senang LIB Undang Klub Liga 1

10-10-2017 02:08
Semen Padang Senang LIB Undang Klub Liga 1
Semen Padang © Bolanet

Bola.net - Semen Padang mengapresiasi keputusan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengundang klub-klub peserta Liga 1. Kabau Sirah -julukan Semen Padang- menilai langkah ini tepat untuk mengurai benang kusut permasalahan yang terjadi selama ini.

"Kami pikir sangat baik sekali undangan yang dibuat oleh LIB itu," ujar Manajer Semen Padang, Win Bernadino.

"Jadi, kami bisa menjelaskan langsung maksud dan tujuan sejumlah permintaan kami ke LIB beberapa waktu lalu," sambungnya.

Sebelumnya, PT LIB merespon tuntutan klub-klub yang tergabung dalam Forum Klub Sepakbola Profesional Indonesia (FKSPI). Mereka mengundang klub-klub peserta Liga 1 untuk mengadakan pertemuan. Pertemuan ini direncanakan digelar di sebuah hotel di Jakarta, Selasa besok.

FKSPI sendiri, sebelumnya, menuntut sejumlah perbaikan dan jawaban atas pertanyaan mereka pada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), selaku operator kompetisi. Ada tiga aspek yang menjadi obyek tuntutan dan pertanyaan FKSPI. Tiga aspek ini adalah bisnis, teknis dan legal.

Selain itu, PT LIB dianggap kurang transparan terkait sponsor keuangan, besaran subsidi, jaminan hukum dan transparansi aturan. Keresahan klub-klub ini kian menjadi setelah perjanjian kesepakatan atau legal standing dari awal kompetisi yang sudah ditandatangani oleh klub justru tidak dikembalikan lagi oleh PT LIB. Hal ini membuat klub-klub kesulitan mengetahui tanggung jawab dan menagih hak mereka.

Lebih lanjut, Win menilai tanggapan keras PT LIB dan PSSI terkait rencana mogok klub-klub ini tak lepas dari masalah komunikasi. Ia menilai, kendati tujuannya sama, frekuensi klub dan operator belum sama.

"Waktu itu, kita mengundang LIB, tapi mereka belum bisa menyanggupi dengan alasan ada agenda lain," tutur Win.

"Apa yang disampaikan waktu itu kan untuk perbaikan sepakbola Indonesia ke depannya, juga dengan sangat memperhatikan azas fairplay," sambungnya.