FOLLOW US:


Surabaya United Bak Habis Manis Sepah Dibuang

08-12-2015 12:45
Surabaya United Bak Habis Manis Sepah Dibuang
Tony Ho © M. Syafarudin
Bola.netBola.net - Habis manis sepah dibuang. Itulah peribahasa yang pas untuk menggambarkan perilaku manajemen Surabaya United yang mendepak asisten pelatih Tony Ho. Mereka seolah tak ingat bahwa Tony lah yang membawa tim ini promosi dari Divisi Utama ke Indonesia Super League (ISL).

Tahun 2013 lalu, Tony berhasil mengantarkan tim ini juara Divisi Utama sekaligus kembali ke kompetisi kasta tertinggi sepakbola nasional. Tinta emas yang ditorehkan Tony seolah tiada artinya bagi manajemen Surabaya United. Per 5 Desember 2015, Tony sudah didepak.

Toh perlakuan manajemen yang seperti kacang lupa kulitnya itu tak membuat Tony Ho kecewa. "Kalau buat saya sih biasa saja. Karena itu sudah risiko pekerjaan saya di sepakbola. Artinya datang dan pergi itu sudah biasa," ucap pelatih berusia 55 tahun ini.

Meski pernah berprestasi, pelatih asal Makassar ini tetap rendah hati. Menurut Tony, keberhasilannya mengangkat tim ini dari Divisi Utama ke ISL adalah hasil kerja keras banyak pihak. Bukan dirinya seorang.

"Adapun ketika saya menangani dari Divisi Utama sampai naik ke ISL, itu adalah suatu kewajiban bagi saya. Karena saya dibayar untuk menaikkan klub. Kalaupun saya tidak dipakai lagi, itu sah-sah saja," urainya.

Selama menjadi bagian dari tim yang bermarkas di Jemursari Selatan ini, Tony baru pertama kali mengalami penundaan pembayaran haknya hingga satu tahun. "Dari Divisi Utama sampai ISL 2014 kemarin, saya tidak pernah mengalami seperti keterlambatan," tutup Tony.