FOLLOW US:


Wasit Asing Liga 1 Sudah Tiba di Indonesia

03-08-2017 07:26
Wasit Asing Liga 1 Sudah Tiba di Indonesia
Ratu Tisha © Fitri Apriani

Bola.net - Wasit-wasit asing yang akan memimpin di sejumlah laga Liga 1 telah tiba di tanah air. Wasit-wasit tersebut berasal dari Australia dan Kyrgyzstan.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah memutuskan bahwa untuk kompetisi putaran kedua Liga 1 mereka akan memakai jasa wasit asing. Hal tersebut dilakukan demi memperbaiki mutu kompetisi.

PT LIB akhirnya dibantu oleh PSSI untuk mencari wasit asing tersebut. Pada akhirnya permintaan mereka diterima Federasi Sepakbola Asia AFC dan dari situ muncullah bantuan korps baju hitam dari Australia dan Kyrgyzstan.

“PSSI berinisiatif untuk mendatangkan wasit asing. Australia dan Kyrgyzstan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini. Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Para wasit dari kedua negara itu tidak akan bertugas hingga kompetisi berakhir. Mereka hanya akan bertugas dalam satu periode tertentu, sebelum akhirnya digantikan wasit asing dari negara lain. PT LIB sendiri memang merencanakan para wasit asing itu untuk bertugas dalam tiga periode terpisah.

“Di periode pertama, mereka akan datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda,” tutur Tisha.

PT LIB mendatangkan para wasit ini dalam satu paket. Selain wasit utama, mereka juga mendatangkan dua asisten wasit. Berikut wasit asing yang tiba pada tahap pertama :

1. Australia

- Evans Shaun Robert

- Brown Wilson Kenneth

- Lakrindis George

2. Kyrgyzstan

- Rysbek Sherkerbekov

- Artem Skopintsev

- Eldiiar Salybaev.