FOLLOW US:


15 Pemain Top yang Mungkin Terlupakan Pernah Bermain di Manchester United

08-01-2021 18:15

 | Asad Arifin

15 Pemain Top yang Mungkin Terlupakan Pernah Bermain di Manchester United
Diego Forlan © Manchester United

Bola.net - Manchester United baru saja memperkenalkan Amad Diallo sebagai pemain baru. Baru berusia 18 tahun, Amad Diallo dibeli dengan harga 37 juta euro dari Atalanta.

Bagi United, membeli pemain muda dengan harga mahal bukan perkara baru. Pada 2010 lalu, United membeli pemain berusia 20 tahun dengan harga 9 juta euro. Namanya Bebe.

Kelak, Bebe hanya menjadi lelucon bursa transfer bagi United. Bahkan, pria asal Portugal itu akan dengan mudah dimasukkan dalam daftar salah satu transfer buruk United era Sir Alex Ferguson.

Nama, selain karena kontroversi transfernya, mungkin dilupakan begitu saja oleh fans United. Namun, bukan hanya Bebe saja yang tenggelam dan mungkin terlupakan di United.

Siapa saja pemain yang mungkin karirnya di United terlupakan selain Bebe? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 15

Giuseppe Rossi

Giuseppe Rossi
Giuseppe Rossi berlatih bersama Manchester United © Situs resmi Manchester United

Rossi mendapat kontrak dari United pada 2004, ketika berusia 17 tahun. Keberadaan Ruud van Nistelrooy membuat Rossi sebagai pemain muda kesulitan bersaing. Dia pun dipinjamkan ne Newcastle dan Parma.

Rossi sebenarnya tampil bagus di Parma. Namun, United kala itu punya Wayne Rooney. Rossi pun dilepas ke Everton pada 2007. Sebelum karirnya redup karena cedera, Rossi menjadi mesin gol bagi Villarreal.

2 dari 15

Michael Keane

Michael Keane
Michael Keane © AFP

Michael Keane kini menjadi pemain penting bagi Everton dan timnas Inggris. Dia dibeli The Toffes pada 2017 lalu dengan harga 29 juta euro, usai tampil bagus bersama Burnley.

Michael Keane memulai karirnya di Manchester United. Ada adalah jebolan akademi United, seangkatan dengan Jesse Lingard. Namun, United tidak pernah benar-benar meliriknya masuk ke tim utama.

Keane hanya punya satu penampilan bersama United.

3 dari 15

Jose Kleberson

Jose Kleberson
Kleberson © afp

Ferguson membeli Kleberson usai melihat aksinya bersama Brasil di Piala Dunia 2002. United resmi membeli Kleberson pada Agustus 2003. Saat itu, dia dikenalkan bersamaan dengan Cristiano Ronaldo.

Namun, nasib mereka berbeda arah. Jika Ronaldo terus menanjak, maka karir Kleberson di United justru menurun. Dia hanya dua musim di United, sebelum dijual murah ke Besiktas karena gagal bersinar.

4 dari 15

Gerard Pique

Gerard Pique
Gerard Pique © AP Photo

Gerard Pique adalah contoh sukses pemain dari La Masia yang promosi ke Barcelona. Namun, jalan yang ditempuh Pique untuk membela tim utama Barcelona harus melalui Manchester United terlebih dahulu.

Gerard Pique bergabung dengan United pada 2004, tanpa biaya transfer. Dia segera menjalani debut dan diprediksi bakal menjadi andalan United di masa depan.

Namun, lantaran minim kesempatan bermain di tim utama, dia lalu dipinjamkan ke Zaragoza pada 2007. Satu musim berselang, Barcelona datang untuk membelinya dan Pique masih bertahan hingga sekarang.

5 dari 15

Tim Howard

Tim Howard
Tim Howard © MUFC

Bagi fans Everton, nama Tim Howard punya tempat yang spesial. Sebab, kiper asal Amerika Serikat, membela Everton selama 10 tahun sejak 2006 hingga 2016.

Bagi Tim Howard, Everton adalah tim Inggris kedua yang dibela. Dia lebih dulu membela United pada 2003. Saat itu, Ferguson melihatnya sebagai pengganti Fabian Barthez.

Awalnya, Tim Howard tampil bagus dan jadi pilihan utama. Namun, performanya tak konsisten. Pada akhirnya, kedatangan Edwin van der Sar membuatnya harus angkat kaki dari United.

6 dari 15

Kieran Richardson

Kieran Richardson
Kieran Richardson © MUFC

Richardson bergabung dengan tim muda United pada 2001, setelah sempat bergabung dengan West Ham. Richardson kemudian promosi ke tim utama pada 2002. Debut Richardson berlangsung pada laga Liga Champions, melawan Lyon pada 23 Oktober 2003.

Pada 2005, saat berusia 21 tahun, dia mendapat kontrak empat tahun dari United. Namun, setelah itu justru performanya terus menurun. Dia kemudian dipinjamkan ke West Brom dan tidak pernah membela United lagi.

7 dari 15

Karel Poborsky

Karel Poborsky tampil bagus untuk Rep Ceko pada Euro 1996. United pun membelinya dari Slavia Prague. Namun, dia datang pada waktu yang buruk. Di posisinya, ada David Beckham yang sedang bagus-bagusnya.

Poborsky hanya satu setengah musim bermain untuk United. Setelah itu, dia pindah ke Benfica, Lazio, lalu kembali ke Slavia. Poborsky punya karir yang bagus selepas pindah dari Old Trafford.

8 dari 15

Diego Forlan

Diego Forlan
Diego Forlan © AFP

Penggemar La Liga mengenang Diego Forlan sebagai penyerang top. Dia punya dua gelar top skor La Liga sekaligus Sepatu Emas Eropa. Forlan adalah pemain penting di Atletico Madrid dan Villarreal.

Namun, sebelum menjadi pemain top untuk kedua tim, Forlan pernah bermain untuk United. Forlan membawa United pada 2001 hingga 2005. Dari 63 laga yang dimainkan, dia hanya mencetak 10 gol di Premier League.

9 dari 15

Massimo Taibi

Massimo Taibi
Massimo Taibi © AFP

Manchester United membeli Massimo Taibi usai kehilangan Peter Schmeichel pada 1999. Taibi membuat debut yang bagus dengan membawa United menang 3-2 atas Liverpool.

Namun, setelah itu, karir Massimo Taibi di United menjadi bencana. Dia menjadi bulan-bulanan media Inggris saat United kalah 5-0 dari Chelsea. Taibi hanya empat kali bermain untuk United.

Massimo Taibi kemudian kembali ke Italia dan punya karir bagus bersama Reggina dan Atalanta.

10 dari 15

Jordi Cruyff

Jordi Cruyff
Jordi Cruyff pernah menjadi pemain Manchester United pada tahun 1996 hingga 2000. © Football Fancast

Nama belakangnya membuat publik teringat pada legenda Barcelona, Johan Cruyff. Yap, dia adalah anak dari pemain dan pelatih legendaris Barcelona itu.

Jordi Cruyff bergabung dengan United pada 1996 dengan harga 1.4 juta euro. Dia mendapat kontrak empat tahun. Awalnya dia bermain secara reguler, tetapi cedera lutut membuat karirnya redup.

Empat musim bermain untuk United, dia memainkan 57 laga dan mencetak delapan gol.

11 dari 15

Juan Sebastian Veron

Juan Sebastian Veron
Juan Sebastian Veron © PA

Nama Juan Sebastian Veron menjadi bagian penting dari era kejayaan Lazio pada 1999 hingga 2001. Usai masa emas itu, Veron pindah ke Inggris untuk bergabung dengan Manchester United.

Veron dibeli dengan harga 28 juta pounds, pemain termahal di Inggris kala itu. Namun, label itu tidak membuat Veron tampil bagus. Veron kesulitan untuk mengintegrasikan diri dengan sepak bola Inggris.

12 dari 15

Radamel Falcao

Radamel Falcao
Radamel Falcao © AFP

Radamel Falcao punya karir yang hebat bersama Porto, Ateltico Madrid, dan AS Monaco. Akan tetapi, dia mengalami nasib buruk ketika pergi ke Inggris untuk membela Manchester United.

Radamel Falcao datang pada musim 2014/2015. Pemain yang punya julukan El Tigre bergabung dengan status pinjaman. Dari 26 laga yang dimainkan di Premier League, dia hanya mencetak empat gol.

United tidak memperpanjang masa peminjaman Falcao.

13 dari 15

Ben Foster

Ben Foster
Roberto Firmino menyundul bola dan berusaha dihalangi oleh Ben Foster. © AFP

Ben Foster awalnya disiapkan untuk menjadi suksesor Edwin van der Sar. Namun, karir kiper asal Inggris itu tidak berkembang di United. Ben Foster pun pindah pada 2010.

United melepas Ben Foster ke Birmingham dengan harga 7 juta euro. Setelah itu, Ben Foster bermain selama tujuh musim untuk West Brom. Ben Foster terus menjadi andalan di bawah mistar.

Kini, pada usia 37 tahun, Ben Foster bermain untuk Watford.

14 dari 15

Henrik Larsson

Henrik Larsson
Henrik Larsson © AFP

Henrik Larsson lebih dikenal sebagai legenda Celtic dan Feyenoord. Dia memang punya karir yang luar biasa bersama kedua klub. Larsson sempat bermain untuk United, tetapi hanya selama tiga bulan.

Larsson mencetak tiga gol untuk United, dari 13 penampilan di semua kompetisi.

Larsson bukan pemain yang buruk sehingga mungkin terlupakan dari United. Namun, pria asal Swedia punya masa bakti yang sangat singkat. Dia menolak perpanjangan kontrak dari United. "Larsson pemain yang fantastis bagi kami," puji Ferguson kala itu.

15 dari 15

Alan Smith

Alan Smith
Alan Smith. © Leeds United

Alan Smith punya karir yang bagus saat masih bermain untuk Leeds United. Seorang pencetak gol yang handal. Namun, ketajaman itu sirna sejak pindah ke Manchester United pada 2004.

Alex Ferguson kemudian menggeser posisi Alan Smith dari penyerang ke gelandang. Dia diharapkan bisa menjadi pengganti Roy Keane yang pindah. Namun, karirnya di United banyak terganggu masalah cedera. Salah satunya karena insiden dengan John Arne Riise.

Sumber: Berbagai Sumber