FOLLOW US:


5 Pelajaran Liverpool vs Everton: Mimpi Buruk di Anfield

21-02-2021 05:06

 | Aga Deta

5 Pelajaran Liverpool vs Everton: Mimpi Buruk di Anfield
Pemain Everton merayakan gol Richarlison ke gawang Liverpool dalam ajang Premier League, Minggu (21/2/2021) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Liverpool harus mengakui keunggulan Everton dalam Derby Merseyside. Pasukan Jurgen Klopp takluk dari tamunya dengan skor 0-2.

Liverpool menghadapi Everton pada laga pekan ke-25 Premier League 2020/21. Pertandingan ini digelar di Anfield, Minggu (21/2/2021) dini hari WIB.

The Toffees membuka skor melalui Richarlison pada menit ke-3. Pemain asal Brasil itu menjebol gawang The Reds setelah memanfaatkan umpan terobosan James Rodriguez.

Tim tamu akhirnya bisa menambah gol lewat penalti Gylfi Sigurdsson di menit ke-83. Penalti diberikan setelah Trent Alexander-Arnold melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Ada sejumlah pelajaran yang bisa diambil dari laga ini. Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 5

Mimpi Buruk di Anfield

Liverpool kembali mendapat mimpi buruk di Anfield. Kali ini tim asuhan Jurgen Klopp dipaksa menyerah dari Everton.

Hasil itu membuat Liverpool menelan kekalahan keempat beruntun di kandang sendiri dalam ajang Premier League musim ini. Itu secara tidak langsung mengulangi catatan kelam 97 tahun silam.

Liverpool untuk pertama kalinya kalah dalam empat laga kandang secara beruntun pada Desember 1923 silam. Sementara itu, mereka juga menjadi juara bertahan liga pertama yang kalah dalam empat laga kandang beruntun sejak Everton pada musim 1928/1929.

2 dari 5

Everton Pecah Telur di Anfield

Everton berhasil membawa pulang tiga poin dari markas Liverpool. Kemenangan ini tentu saja sangat istimewa bagi The Toffees.

Sudah begitu lama para penggemar Everton tidak melihat timnya kesayangannya meraih kemenangan di markas Liverpool. Mereka pecah telur setelah 21 tahun tanpa kemenangan di Anfield.

Everton terakhir kali mengalahkan Liverpool di Anfield pada September 1999. Ketika itu mereka menang 1-0 berkat gol tunggal Kevin Campbell.

3 dari 5

Penalti Lagi

Liverpool dihukum penalti saat menjamu Everton. Hadiah tendangan penalti diberikan kepada Everton setelah Trent Alexander-Arnold melakukan pelanggaran terhadap Dominic Calvert-Lewin di kotak terlarang.

Gylfi Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawang Liverpool. Hal itu sekaligus membawa The Toffees unggul 2-0 pada menit ke-83.

Ini merupakan hukuman penalti ketiga yang diberikan kepada Liverpool di Premier League musim ini dan paling banyak di antara tim lainnya. Menariknya, semuanya terjadi di Anfield.

4 dari 5

Jordan Henderson Cedera

Selain kalah, ada kabar buruk lainnya untuk Liverpool. Sang kapten tim, Jordan Henderson mengalami cedera hamstring.

Akibat cedera ini, Henderson tidak bisa melanjutkan laga hingga tuntas. Pemain Inggris itu ditarik keluar pada menit ke-30 dan digantikan Nathaniel Phillips.

Cedera yang dialami Jordan Henderson jelas sangat merugikan Liverpool. Dia belakangan ini diplot menjadi bek darurat Liverpool dan Jurgen Klopp sekarang semakin kekurangan opsi di lini belakang.

5 dari 5

Pickford Ciamik

Selain Richarlison, pemain Everton lainnya yang tampil cemerlang adalah Jordan Pickford. Sang kiper mampu membuat para pemain Liverpool sangat frustrasi.

Pickford tercatat melakukan enam penyelamatan. Aksi heroiknya di bawah mistar gawang itu membuat Everton mengakhiri pertandingan dengan nirbobol.

Performa kiper Inggris itu kerap angin-anginan. Namun, pemain 26 tahun tersebut kali ini pantas mendapatkan banyak pujian.

Sumber: berbagai sumber