6 Klub Medioker Inggris yang Dulunya Berjaya, Sampai Juara Liga Champions Eropa Lho!

Jeffrydien Winanda | 1 April 2021 15:31
Supporter di Stadion (c) Shutterstock

Bola.net - Jika diminta untuk menyebutkan klub terbaik Liga Inggris saat ini, mayoritas orang akan menjawab Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, hingga Tottenham Hotspurs. Namun selain klub tersebut, ada pula tim-tim Inggris yang dulunya berjaya di Premier League bahkan hingga di daratan eropa. Klub apa saja?

1 dari 6 halaman

Leeds United

Duel Leeds United vs Liverpool. (c) leedsunited.com

Leeds United memang sudah kembali ke Premier League pada musim 2020/2021 dan sukses merangsek ke papan tengah. Namun sebelum musim ini berjalan, Leeds Seolah tertidur saat absen dari divisi teratas Liga Inggris selama 16 musim.

Pada masa jayanya, Leeds United adalah klub raksasa yang ditakuti oleh klub manapun. Mereka berhasil menyabet gelar juara Liga Inggris sebanyak 3x dan mengangkat trofi FA Cup satu kali. Bahkan sebelum terdegradasi di tahun 2004, Leeds sempat dihuni pemain besar seperti Harry Kewell, Mark Viduka, hingga Alan Smith.

2 dari 6 halaman

Nottingham Forest

Nottingham Forest singkirkan Arsenal dari Piala FA (c) Nottingham Twitter

Predikat raksasa yang tertidur layak disematkan pada klub Nottingham Forest. Klub yang saat ini berlaga di Championship (divisi kedua sepak bola inggris) tersebut merupakan jawara eropa di medio 1970-1980an.

Menjadi jawara Liga Inggris pada musim 1977/1978, Nottingham Forest langsung menjuarai UEFA Champions League satu musim setelahnya. Nggak Cuma sekali, total Nottingham Forest memiliki 2 piala Liga Champions di lemari trofinya. Prestasi tersebut belum termasuk dengan raihan juara FA Cup sebanyak 2x, English League Cup 4x, dan 1x Piala Super Eropa.

3 dari 6 halaman

Aston Villa

Ollie Watkins merayakan golnya di laga Aston Villa vs Liverpool. (c) AP Photo

Sebelum membumi seperti sekarang, Aston Villa adalah penghasil pemain muda terbaik sekaligus klub papan atas pada medio 1990an. Prestasinya pun cukup mentereng, yakni sukses menjuarai Liga Inggris dan FA Cup masing-masing sebanyak 7x, hingga satu kali menjuarai Liga Champions Eropa.

Kini, Aston Villa menjadi tim giant killer di Liga Inggris musim 2020/2021. Dengan pemain berkualitas seperti Jack Grealish, Ollie Watkins, hingga Emiliano Martinez di bawah mistar, bukan tak mungkin Aston Villa bisa berbicara banyak di Liga Inggris pada beberapa musim ke depan.

4 dari 6 halaman

Blackburn Rovers

Blackburn Rovers (c) Ist

Blackburn Rovers memang saat ini masih berkutat di kasta kedua sepak bola Inggris. Namun tim yang bermarkas di Ewood Park ini memiliki deretan trofi mentereng dalam koleksi mereka.

Blackburn berhasil menjuarai FA Cup sebanyak 6x hingga hattrick menjadi jawara Liga Inggris. Salah satu momen ikonik mereka adalah saat menjadi jawara Liga Inggris musim 1994/1995 dengan mempecundangi tim favorit juara yaitu Manchester United. Saat itu, Blackburn Rovers dihuni oleh pemain seperti Tim Sherwood, Chris Sutton, Graeme Le Saux, Shay Given, hingga Alan Shearer.

5 dari 6 halaman

Sunderland

Sunderland (c) Hulton

Sejak menjadi runner up English League Cup tahun 2014, grafik prestasi Sunderland terus menurun. Terdegradasi dari Premier League pada tahun 2017, The Black Cats terjun bebas hingga terdampar di League One (kasta ketiga sepak bola Inggris).

Hal ini menjadi anomali mengingat Sunderland adalah klub kawakan di persepakbolaan Britania Raya dengan segudang prestasi. Klub yang bermarkas di Stadium of Light ini memiliki koleksi 6x juara Liga Inggris dan sepasang trofi FA Cup yang tersimpan di lemari piala mereka.

6 dari 6 halaman

Preston North End

Jermaine Beckford dan Eoin Doyle (c) BBC

Tak banyak yang tahu jika klub Preston North End pernah unjuk gigi di divisi teratas sepak bola Inggris. Walaupun sekarang tim ini menghuni divisi Championship, Preston North End pernah bersanding di jajaran klub elit Britania Raya bersama Manchester United hingga Liverpool.

Pada musim 1988/1989 menjadi tahun terbaik klub yang bermarkas di Deepdale ini. Mereka sukses meraih double winners saat mengangkat piala Liga Inggris dan FA Cup. Bahkan satu musim setelahnya, mereka kembali menjadi jawara Liga Inggris secara berturut-turut.

Sepak bola bukanlah olahraga yang mudah ditebak. Walaupun memiliki segudang prestasi, deretan klub di atas menjadi saksi jika menjadi juara di musim ini bukan menjadi jaminan untuk selalu berprestasi di tahun berikutnya. Well, mari dilihat bersama bagaimana kiprah klub legendaris ini di kancah persepakbolaan Inggris.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR