FOLLOW US:


Alasan Paul Pogba Ubah Gaya Tendangan Penaltinya

15-04-2019 14:29
Alasan Paul Pogba Ubah Gaya Tendangan Penaltinya
Paul Pogba. © AP Photo

Bola.net - Dua gol dicetak oleh Paul Pogba saat Manchester United menang 2-1 atas West Ham pada pekan ke-34 Premier League, Sabtu (13/4). Keduanya dari eksekusi penalti. Dan, menariknya, tidak dengan gaya penalti khas Pogba.

Eksekusi penalti pertama Paul Pogba terjadi pada menit ke-19. Dengan dingin, pemain berusia 26 tahun mengecoh penjaga gawang Lukasz Fabianski. Lalu, pada menit ke-80, arah tendangan Pogba mampu ditebak oleh Fabianski. Tapi, tetap jadi gol.

Kedua eksekusi dilakukan Pogba dengan cara yang standar. Dia mengambil jarak untuk ancang-ancang kemudian berlari kencang dan langsung menendang bola. Tak ada gaya khas Pogba, dengan lari-lari kecil sebelum menendang penalti.

Mengapa Paul Pogba memilih mengubah gaya eksekusi penaltinya? Simak penjelasan di bawah ini.

1 dari 2

Dibaca Penjaga Gawang

Gaya penalti khas Pau Pogba beberapa kali menuai kritik. Salah satunya datang dari Jose Mourinho, mantan manajer Manchester United. Beberapa pundit di Inggris juga menilai gaya penalti Paul Pogba tidak cukup bagus dan memberi kritik.

Paul Pogba juga beberapa kali gagal menjalankan tugasnya dengan eksekusi gaya khasnya. Gaya tersebut seperti sudah dibaca oleh lawan. Dan, pemain asal Prancis tersebut menyadari bahwa dia harus mengubahnya.

"Saya hanya mengubahnya karena saya rasa penjaga gawang, mereka sudah tahu bagaimana saya menendang penalti dan saya mengubahnya untuk sedikit membuat perbedaan," ucap Paul Pogba dalam wawancara dengan MUTV.

"Yang paling penting adalah bolanya masuk dan kami menang, tiga poin," tandas Pogna.

Lalu, dengan suksesnya dua penalti ke gawang West Ham, apakah Paul Pogba masih akan kembali memakai teknik menendang penalti khasnya lagi di kesempatan selanjutnya? "Ya, saya masih mungkin kembali pada gaya penalti yang lama," paparnya.

2 dari 2

Pujian untuk David de Gea

Paul Pogba juga memberikan pujian atas penampilan apik David de Gea pada laga kontra West Ham. Penjaga gawang 28 tahun tersebut memang gagal mencatatkan clean sheet. Namun, banyak penyelamatan yang dilakukan.

Salah satu yang paling epik tentu saja ketika David de Gea mengagalkan sundulan Michael Antonio di babak kedua. Dan, Pogba mengaku tidak lagi kaget dengan apa yang sudah dilakukan oleh penjaga gawang asal Spanyol tersebut.

"David de Gea adalah David de Gea. Kami sudah tahu tentang itu. Ini bukan hal yang luar biasa. Kami sudah terbiasa melihat hal itu dan semoga kami akan terus melihat penyelamatan yang seperti itu," puji Pogba.