FOLLOW US:


Andorra vs Inggris: Aksi Phil Foden Bikin Gareth Southgate Terkesima

10-10-2021 09:30

 | Yaumil Azis

Andorra vs Inggris: Aksi Phil Foden Bikin Gareth Southgate Terkesima
Aksi Phil Foden ketika membela Inggris pada duel melawan Andorra di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 © AP Photo

Bola.net - Timnas Inggris meraih kemenangan telak saat bertandang ke markas Andorra dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, Minggu (10/10/2021) dini hari. Tidak tanggung-tanggung, the Three Lions menang lima gol tanpa balas.

Keran gol Inggris dibuka oleh Ben Chilwell pada menit ke-17. Lalu, sebelum babak pertama ditutup, Bukayo Saka berhasil memperlebar jarak skor dan membuat the Three Lions unggul 2-0.

Tammy Abraham menambah keunggulan Inggris atas tuan rumah pada menit ke-59. James Ward-Prowse menyusul ke papan skor 20 menit berselang, dan ditutup Jack Grealish jelang pertandingan usai.

Tidak ada nama Phil Foden dalam daftar pencetak gol Inggris di pertandingan kali ini. Meski begitu, pemain Manchester City tersebut sukses membuat banyak kalangan terkesima dengan aksinya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Dapat Pujian dari Southgate

Foden memiliki andil besar sebagai pemberi asis dalam proses terciptanya gol Bukayo Saka. Umpannya dari sekitar tengah lapangan benar-benar indah dan tidak bisa diduga oleh para pemain bertahan Andorra.

Umpan apik tersebut menunjukkan visi permainan Foden yang sangat berkualitas. Tidak heran kalau dirinya meraup banyak pujian dari berbagai kalangan, tidak terkecuali Souhtgate.

"Jujur dia adalah salah satu pemain yang efektif di mana saja di lini depan jika anda memainkan dia sebagai No.7, 11, 10, atau delapan," ujar Souhtgate seperti yang dikutip dari the Guardian.

"Sangat indah, bukan, ketika anda mencoba membongkar pertahanan, seperti yang kami lakukan malam ini, dan anda punya pemain yang melihat operan dan mengeksekusinya seperti dia," lanjutnya.

2 dari 2

Kombinasi yang Indah

Aksi gemilang gelandang berusia 21 tahun tersebut tidak sampai pada pemberian asis saja. Permainannya yang padu bersama barisan penyerang Inggris lainnya juga membuat Southgate terkesima.

"Menjelang akhir permainan, ada beberapa kombinasi yang indah antara Foden, [Mason] Mount, Grealish, Saka. Tipe permainan yang pemain kami mampu hasilkan sangatlah menyenangkan," tutupnya.

Foden sendiri dianugerahi gelar man of the match oleh Whoscored usai pertandingan. Ia mendapatkan rating 8.9 dengan presentase keberhasilan operan sebesar 95 persen dan tiga umpan kunci.

(The Guardian)