FOLLOW US:


Bagaimana Ekspektasi Fans untuk Manchester United Musim Depan?

22-06-2019 23:00

 | Richard Andreas

Bagaimana Ekspektasi Fans untuk Manchester United Musim Depan?
Manchester United dikalahkan Wolverhampton. © AP

Bola.net - Musim 2019/20 mendatang bakal sangat menentukan untuk pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Musim depan merupakan musim penuh pertama Solskjaer sebagai pelatih permanen, dia punya kuasa membentuk tim sejak bursa transfer musim panas ini.

MU lagi-lagi memulai kembali. Setelah kegagalan David Moyes, Louis van Gaal, dan Jose Mourinho, tugas berat itu kini dipikul Solskjaer. Dia diharapkan mampu mengembalikan MU seperti sedia kala: tim kuat langganan juara.

Sejak kepergian Sir Alex Ferguson, MU belum benar-benar kembali sebagai salah satu tim terkuat. Jose Mourinho, pelatih dengan segudang pengalaman perihal meraih trofi, juga gagal mengembalikan kekuatan MU.

Mourinho dipecat pada akhir tahun 2018 lalu dan digantikan oleh Solskjaer. Artinya, kini estafet pembangunan kembali itu dipegang oleh Solskjaer harapan fans MU ada di pundak Solskjaer, dan dia harus menjawab tantangan itu musim depan.

Berkaca pada pengalaman, mulai Moyes sampai Mourinho, pelatih MU selalu gagal mengatasi tekanan publik Old Trafford. Fans MU terlalu kritis, juga tidak sabar menunggu hasil kerja jangka panjang. Alhasil, Solskjaer bisa jadi hancur di bawah tekanan yang sama.

Biar begitu, status mantan pemain boleh jadi menyelamatkan Solskjaer. Analis Sky Sports, Danny Higginbotham yakin fans MU bakal lebih sabar menghadapi Solskjaer.

"Saya kira fans bakal bersabar sebab mereka punya Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer, dan mereka memandang dia masih berusaha membangun tim baru. Dia adalah legenda klub ini yang membuatnya mendapatkan tambahan kesabaran ekstra," tutur Higginbotham.

"Dalam beberapa tahun terakhir, MU telah kehilangan identitas mereka di lapangan dan hal itu terjadi karena terus mengubah dan memangkas tim. JIka anda melihat tim top di eropa, entah tim domestik atau internasional, klub-klub itu punya identitas."

"Anda tahu bagaimana mereka akan bermain setelah lima atau sepuluh menit. Namun, karena perubahan dan pergantian pemain terus-menerus, anda tidak bisa melihat itu di MU. Jadi kuncinya sekarang adalah kesabaran," sambungnya.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Pemain Muda

Kemampuan Solskjaer pertama-tama bakal dinilai dari pembelian MU musi panas ini. Sejauh ini MU sudah mendatangkan Daniel James, dan disebut sedang mengusahakan transfer Aaron Wan-Bissaka dan Harry Maguire.

Semua pemain yang dihubungkan dengan MU merupakan pemain-pemain muda dengan masa depan cerah. Pendekatan ini berbeda dengan pelatih-pelatih sebelumnya.

"100 persen, saya kira itulah [pemain muda] yang mereka perlukan. Sejak kepergian Sir Alex Ferguson, MU selalu ingin memperbaiki segalanya dengan cepat. Jika anda memandang dua tim top Premier League, Manchester City dan Liverpool, mereka mendatangkan pemain yang bisa membangun tim," tutup Higginbotham.