FOLLOW US:


Eks Manchester United Sebut Ronaldo Lebih Baik dari Messi, Ini Alasannya

14-09-2021 07:06

 | Yaumil Azis

Eks Manchester United Sebut Ronaldo Lebih Baik dari Messi, Ini Alasannya
Cristiano Ronaldo melakoni debut kedua untuk Manchester United ketika melawan Newcastle, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. © AP Photo

Bola.net - Perdebatan soal siapa yang lebih baik di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi seperti tidak ada ujungnya. Eks Manchester United, Gary Neville, turut menyumbangkan opininya dalam perdebatan ini.

Publik masih belum bisa menentukan siapa yang lebih baik di antara kedua pemain tersebut. Sebab, Ronaldo dan Messi saling mengungguli satu sama lain dari segi piala, rekor, dan gol yang telah berhasil diciptakan.

Dari segi prestasi individual, Messi lebih unggul karena memiliki enam trofi Ballon d'Or dibanding Ronaldo yang cuma lima. Dari segi gol, Ronaldo unggul dan bahkan memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah.

Karakteristik permainannya pun cukup berbeda. Ronaldo merupakan spesialis pencetak gol sementara Messi lebih fokus pada tim, di mana dirinya mampu menghasilkan gol sekaligus memberikan asis kepada rekan setimnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Keyakinan Neville Soal Ronaldo

Beberapa faktor di atas membuat perdebatan soal siapa yang lebih baik menjadi berlarut-larut dan belum berakhir hingga saat ini. Semua orang memiliki pendapat masing-masing.

Neville juga memiliki pandangan personal. Menurutnya, Ronaldo lebih baik ketimbang Messi khususnya dari segi perolehan dan caranya mencetak gol.

"Tidak ada yang meragukan kalau Messi telah mencetak banyak gol. Dia adalah pemain yang luar biasa," ujarnya kepada Sky Sports.

"[Tapi] Ronaldo mencetak mungkin 30 atau 40 persen golnya lebih banyak tanpa menggunakan kaki andalannya dan dia mencetak lebih banyak gol penalti. Jadi saya beranggapan bahwa dia lebih komplit dari segi bagian terpenting permainan," lanjutnya.

2 dari 2

Dibantah Legenda Liverpool

Pendapat Neville dibantah dengan tegas oleh legenda Liverpool, Jamie Carragher. Ia juga memiliki pandangan tersendiri, di mana dirinya merasa pencapaian Ronaldo juga bisa dilakukan pemain lain.

"Anda berbicara soal perbedaan tipe gol. Tidak peduli bagaimana bola masuk ke gawang. Messi punya rekor gol yang lebih baik dari Ronaldo. Messi juga bisa menjalankan permainan; Ronaldo tidak," tegas Carragher.

"Messi, sebagai pemain, bisa membawa anda ke tempat yang luar biasa. Apa yang dilakukan Ronaldo adalah hal yang bisa dilakukan pemain lain. Messi bisa melakukan hal yang tidak pernah anda lihat sebelumnya," tandasnya.

Tampaknya, perdebatan akan menjadi semakin besar kalau Ronaldo mampu meraih trofi Ballon d'Or keenamnya. Itu sangat mungkin terjadi kalau dirinya bisa membawa Manchester United mendapatkan gelar bergengsi musim ini.

(Sky Sports)