FOLLOW US:


Ferdinand Anggap Manchester United Belum Punya Ideologi Jelas

12-06-2019 10:35

 | Asad Arifin

Ferdinand Anggap Manchester United Belum Punya Ideologi Jelas
Manchester United © AP Photo

Bola.net - Rio Ferdinand menyebut mantan klubnya, Manchester United, belum punya ideologi yang jelas. Karena alasan itu, United pun kesulitan untuk kembali pada era kejayaan di Premier League maupun di Eropa.

Manchester United harus memasuki era baru pasca pensiunnya Sir Alex Ferguson pada tahun 2013 lalu. Sejumlah manajer sudah pernah ditunjuk sebagai penerus. Sejauh ini, belum ada yang memuaskan.

David Moyes gagal total menjalankan tugas. Louis van Gaal juga tidak mampu memberikan ide yang jelas tentang gaya bermain Setan Merah.

Sebuah harapan sempat dihadirkan oleh Jose Mourinho. Dia membawa United juara Liga Europa pada musim perdana sebagai manajer. Namun, di musim kedua, semua berjalan buruk bagi pria asal Portugal. Dia kemudian dipecat pada Desember 2018.

"Manchester United masih berupaya mencari ideologi mereka," ucap Ferdinand dikutip dari Sportsmole.

"Mereka beranjak dari sana setelah era Sir Alex Ferguson, mereka sudah mencoba dengan beberapa manajer yang berbeda, tapi tidak berhasil. Sehingga, sampai saat ini mereka masih mencari," ucap sang mantan bek tengah United.

1 dari 1

Bukan Hanya Tim Utama

Ferdinand menyebut bahwa upaya untuk menemukan ideologi tidak akan mudah bagi Manchester United. Sebab, semua tidak mungkin akan terjadi secara instan dan cepat. Butuh perencanaan yang sangat matang.

Bahkan, mantan bintang timnas Inggris tersebut mengatakan jika ideologi ini bukan hanya untuk tim utama. Tapi, harus dibangun dan dianut oleh seluruh elemen klub. Bahkan untuk para pemain di akademi klub.

"Mereka harus mengunci sebuah filosofi, ideologi, tetapi bukan hanya untuk tim utama. Itu juga harus terjadi lintas klub, dengan para pemain muda dan juga fondasi klub ini, semua harus memahaminya," ucap Ferdinand.

"Perlu ada sebuah cerita di klub sepak bola untuk pemain bintang dan para staf mereka agar percaya," tegas Ferdinand.

Ferdinand adalah pemain yang sempat menjadi bagian dari kejayaan United di era 2000-an. Ferdinand pernah meraih enam gelar juara Premier League dan satu gelar juara Liga Champions bersama Setan Merah.