FOLLOW US:


Gelar Premier League Bagi Liverpool Saat Ini: Prematur, tapi Tidak Terlalu Jauh

19-11-2019 07:20

 | Richard Andreas

Gelar Premier League Bagi Liverpool Saat Ini: Prematur, tapi Tidak Terlalu Jauh
Trio lini depan Liverpool, Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane © AP Photo

Bola.net - Selangkah demi selangkah, Liverpool menyusuri jalan panjang menuju gelar juara Premier League. Pasukan Jurgen Klopp itu melakukan segalanya dengan baik, nyaris sempurna.

12 pekan sudah berlalu, The Reds masih nyaman duduk di puncak klasemen Premier League 2019/20 dengan 34 poin. Jordan Henderson dkk. pun bermain layaknya juara, tanda-tanda itu ada.

Alhasil, Liverpool mulai kewalahan menghadapi pujian. Mereka dinilai sudah pasti juara, meski musim masih begitu panjang.

Kondisi inilah yang justru bisa merugikan Liverpool. Mengapa demikian? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Tekanan Besar

Pujian berlebihan di awal musim ini bisa jadi senjata makan tuan. Menurut analis Premier League, Lee Dixon, keyakinan bakal juara itu bisa berubah jadi tekanan besar bagi para pemain pada momen-momen krusial.

Skuad Liverpool tidak boleh lengah, harus paham bahwa mereka belum juara sampai semuanya benar-benar selesai.

"Jika mereka terus menjaga laju ini dan tidak menghadapi tekanan terlalu besar menjelang akhir musim, mereka bisa melakukannya. Sebab tekanan itu bakal memengaruhi semua orang," tutur Dixon kepada Express.

"Mereka punya pengalaman dari tahun lalu, nyaris juara, tampil begitu brilian. Namun, mereka masih gagal juara, masih belum meraih trofi."

"Dan sampai mereka benar-benar mengangkat trofi itu, orang-orang akan selalu bertanya-tanya dan tekanan itu bakal semakin besar," tutupnya.

2 dari 2

Ancaman Man City

Juga, Liverpool wajib mewaspadai ancaman Manchester City. Sang juara bertahan mungkin sedang kesulitan saat ini, tapi musim masih begitu panjang. Man City akan bangkit dan membuat segalanya jadi lebih sulit.

"Juga, tepat menjelang akhir musim, ketika trofi itu semakin dekat, Man City bisa jadi mengalahkan mereka pada pertandingan berikutnya. Mereka bisa saja kehilangan poin kontra Leicester dan Man City mendapatkan skuad fit untuk melaju impresif," imbuh Dixon.

"Jadi, mengatakan bahwa persaingan merebut gelar juara sudah selesai saat ini sedikit prematur, tapi tidak terlalu jauh," tandasnya.

Sumber: Express