FOLLOW US:


Liverpool dan Wasit Michael Oliver, Jodoh Masih Berlanjut

11-11-2019 09:51

 | Afdholud Dzikry

Liverpool dan Wasit Michael Oliver, Jodoh Masih Berlanjut
Wasit Michael Oliver usai memimpin laga Liverpool vs Manchester City, Minggu (10/11/2019). © AP Photo

Bola.net - Liverpool sukses meraih kemenangan saat menjamu Manchester City di Anfield, Minggu (10/11/2019) malam kemarin. Kemenangan yang membuat The Reds semakin nyaman di puncak klasemen.

Baru berjalan 13 menit, tuan rumah sudah unggul dua gol lewat tendangan fantastis Fabinho menit keenam dan sundulan akurat Mohamed Salah. Sadio Mane kemudian menambah keunggulan pada menit ke-51 memanfaatkan umpan Jordan Henderson.

Sementara itu Manchester City tak bisa berbuat banyak. Tim asuhan Josep Guardiola hanya mampu membalas satu gol lewat tembakan akurat Bernardo Silva pada menit ke-78.

Sebelum pertandingan dimulai, suara-suara yang mengatakan bahwa wasit Michael Oliver akan menjadi kabar baik bagi Liverpool sudah bermunculan. Dan itu terbukti melihat hasil akhir pertandingan ini.

1 dari 3

Liverpool tak Pernah Kalah

Sadar bahwa pertandingan antara Liverpool vs Manchester City ini adalah pertemuan dua tim yang sedang bersaing juara, Premier League memutuskan untuk menugaskan wasit terbaik milik mereka.

Oliver diketahui sebagai wasit terbaik di Premier League saat ini. Dan dirinya pun sudah memimpin pertemuan antara kedua tim tersebut sebanyak tiga kali dalam karirnya.

Keputusan Premier League menunjuk Oliver itu bisa menjadi kabar baik bagi Liverpool. Pasalnya, mereka tak pernah menuai kekalahan tiap kali melakoni pertandingan yang dipimpin oleh Oliver. Dan itu sudah terjadi sejak tahun 2008 lalu.

Catatan itu sendiri akhirnya masih berlanjut setelah pertandingan ini. Liverpool sukses menang dengan skor 3-1 melawan Manchester City meskipun ada kontroversi yang mengiringi kemenangan tersebut. Kontroversi apa itu?

2 dari 3

Harusnya Manchester City dapat Penalti?

Tensi pertandingan di Anfield tersebut berlangsung panas sejak menit pertama. Bahkan sempat ada kontroversi setelah pihak Manchester City mengklaim layak mendapatkan dua penalti setelah dua situasi handball pada laga tersebut.

Situasi pertama ada adalah ketika bola mengenai tangan Trent Alexander-Arnold di kotak terlarang sesaat sebelum Liverpool mencetak gol pembuka lewat aksi Fabinho.

Situasi kedua terjadi pada babak kedua, bola sepakan Raheem Sterling mengenai tandangan Alexander-Arnold di kotak penalti. Oliver kembali memilih melanjutkan pertandingan.

3 dari 3

Guardiola tak Mau Banyak Bicara

Selepas pertandingan, Guardiola memilih tak berbicara banyak ketika ditanya jurnalis soal apakah timnya seharusnya mendapat penalti atau tidak.

"Tolong tanya wasit [soal handball sebelum gol Liverpool], mohon jangan tanya saya. Tanyakan ini ke Mike Riley dan orang-orang VAR, jangan tanya saya," ujar Guardiola kepada Sky Sports.

Pelatih asal Spanyol tersebut kemudian ditanya momen ketika ia menghampiri wasit Michael Oliver setelah pertandingan.

"Saya mengucapkan selamat pada mereka. Saya sangat sopan dan tak mengatakan apa pun di sini. Kami mencoba melakukan pekerjaan kami dan saya senang berbicara mengenai performa kami yang sangat bagus," tutur Guardiola.

"Saya tahu tim yang datang ke sini dan bermain demi kehormatan di Anfield dan dengan masalah yang ada pada skuadkami serta cara kami bermain, sungguh menakjubkan. Salah satu penampilan terbaik kami," tandasnya.