FOLLOW US:


Manchester United 3-1 Newcastle United: Setan Merah Layak Menang

22-02-2021 11:34

 | Gia Yuda Pradana

Manchester United 3-1 Newcastle United: Setan Merah Layak Menang
Bintang Manchester United, Daniel James merayakan gol ke gawang Newcastle, Senin (22/2/2021) © Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses meraih poin penuh pada laga pekan ke-25 Premier League. Menjamu Newcastle United di Old Trafford, Senin (22/02) dini hari WIB, Setan Merah menang dengan skor 3-1.

Dalam pertandingan ini, tiga gol United dicetak oleh Marcus Rashford, Daniel James, dan Bruno Fernandes. Sementara, gol semata wayang The Magpies -julukan Newcastle United- dicetak Allan Saint-Maximin.

Dengan kemenangan ini, United mengokohkan posisi mereka di peringkat kedua klasemen sementara, dengan koleksi 49 angka dari 25 laga. Sementara, Newcastle United masih tertahan di posisi 17 klasemen, dengan koleksi 25 poin.

Kemenangan United pada laga ini sama sekali tak mengejutkan. Hal ini berdasar catatan-catatan statistik kedua tim pada laga tersebut.

Apa saja catatan-catatan yang menunjukkan kelayakan United layak memenangi laga tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Dominasi Pertandingan

Dominasi Pertandingan
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. © AP Photo

Dalam pertandingan ini, Untied menunjukkan dominasi mereka. Dominasi ini paling jelas terlihat dalam penguasaan bola Setan Merah yang jauh mengungguli The Magpies.

Dalam catatan laman Whoscored, United menguasai bola sebanyak 71,6 persen. Sementara, Newcastle hanya menguasai bola sebanyak 28,4 persen.

Tak hanya dominan menguasai bola, United juga mampu memanfaatkannya untuk mengancam gawang Karl Darlow. Tercatat, pada laga ini, para penggawa United melepas 15 tembakan ke gawang Newcastle. Sementara, para penggawa The Magpies hanya melepas 10 sepakan ke gawang David de Gea.

2 dari 3

Jitu Manfaatkan Peluang

Jitu Manfaatkan Peluang
Bintang Manchester United, Bruno Fernandes merayakan gol ke gawang Newcastle, Senin (22/2/2021) © Pool Getty via AP Photo

Pada pertandingan ini, kualitas peluang yang dimiliki United sejatinya tak terlalu bagus. Dari 15 tembakan mereka, menurut laman Understat, para penggawa Setan Merah hanya memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 1,73. Itu pun sudah memasukkan nilai xG sepakan penalti Bruno Fernandes, yang berada di angka 0,76.

Namun, dengan kualitas peluang yang tak terlalu baik, para penggawa United masih bisa mencetak tiga gol ke gawang Newcastle. Hal ini berarti bahwa mereka mampu memanfaatkan peluang, yang secara statistik kurang bagus, menjadi gol.

Dari tiga gol United ke gawang Darlow, gol pertama mereka lah yang layak mendapat catatan khusus. Kendati hanya memiliki nilai xG sebesar 0,05, Rashford toh masih bisa membobol gawang The Magpies.

3 dari 3

Minimalisir Peluang The Magpies

Minimalisir Peluang The Magpies
Kiper Manchester United, David De Gea © Pool via AP

Pada laga ini, lini pertahanan Manchester United menunjukkan kinerja bagus. Mereka sukses meminimalisir peluang-peluang yang dimiliki The Magpies.

Laman Understat mencatat bahwa pada laga ini Newcastle United hanya memiliki nilai xG sebesar 0,34.

Dalam pertandingan tersebut, dari sepuluh sepakan yang dilepaskan para penggawa Newcastle United, hanya tiga yang dilepas dari dalam kotak penalti. Sisanya, tujuh tembakan dilepas dari luar kotak penalti. Nilai xG dari tiga sepakan yang dilepas dari dalam kotak penalti United pun hanya berada di level 0,18.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)