FOLLOW US:


Mekanisme VAR Premier League Cacat, Begini Saran Arsene Wenger

05-12-2019 01:00

 | Richard Andreas

Mekanisme VAR Premier League Cacat, Begini Saran Arsene Wenger
VAR beraksi memutuskan penalti di laga antara West Ham vs Manchester City di matchday pertama Premier League 2019-20. © AP Photo

Bola.net - Arsene Wenger meminta Premier League memperbaiki mekanisme VAR dalam pertandingan. Dia yakin wasit utama harus memanfaatkan monitor dalam lapangan untuk melihat langsung tayangan ulang, tidak hanya mendengarkan instruksi.

Di musim pertamanya, sejauh ini penggunaan VAR di Premier League terus dikritik. Ada sejumlah keputusan aneh yang justru merugikan tim, padahal VAR seharusnya membantu menciptakan keputusan yang lebih adil.

Salah satu masalahnya adalah keterbatasan akses wasit di lapangan. Berbeda dengan liga-liga lain, wasit utama Premier League tidak bisa melihat tayangan ulang secara langsung.

Pihak penyelenggara liga berdalih keputusan ini dibuat untuk menghemat waktu, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Bagaimana pendapat Wenger soal ini? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

Butuh Monitor

Mantan pelatih Arsenal ini berharap VAR segera mendapatkan kredibilitasnya kembali. Cara terbaik adalah dengan menggunakan monitor dalam lapangan, layaknya sistem yang berjalan baik di liga-liga lain.

"Itu, [wasit tidak bisa melihat monitor], bagi saya, adalah kekhawatiran yang paling penting. Wasit seharusnya bisa melihat monitor untuk mengecek langsung apakah dia benar atau salah," buka Wenger kepada Sky Sports.

"Dia bakal mendapatkan kredibilitasnya, khususnya setelah mengetahui bahwa orang-orang di balik sistem VAR belum berpengalaman untuk membuat keputusan seperti ini."

2 dari 2

Membantu Wasit

Selain masalah monitor itu, Wenger yakin tidak banyak kekurangan lainnya dalam VAR. Tentang keputusan-keputusan janggal tanpa VAR, dia percaya memang sudah seharusnya berjalan demikian. VAR hanya membantu, bukan membuat keputusan.

"Saya kira ini sudah bekerja jauh lebih baik dari yang kita bayangkan. Anda ingin VAR menyela di momen yang tepat. Mereka [orang-orang di balik VAR] bukanlah pihak yang boleh membuat keputusan, tapi yang membantu wasit membuat keputusan lebih cepat."

"Wasit harus melihat ulang apakah keputusannya benar atau tidak, itu penting untuk kepercayaan diri. Saat ini, ada dua klub besar [MU dan Liverpool] tanpa monitor di lapangan, masalah ini harus segera diselesaikan," pungkasnya.

Sumber: Sky Sports