FOLLOW US:


Menelusuri Jejak Pengguna No.18 Manchester United Sebelum Bruno Fernandes

28-05-2020 11:07

 | Yaumil Azis

Menelusuri Jejak Pengguna No.18 Manchester United Sebelum Bruno Fernandes
Bruno Fernandes mengeksekusi penalti ke gawang Watford, Minggu (23/02/2020). © PA via AP Photo

Bola.net - No. 7 bisa dikatakan sebagai nomor punggung keramat bagi Manchester United. Bagaimana tidak, ada banyak sosok hebat yang pernah mengenakan tersebut. Namun jika bicara soal loyalitas, No.18 adalah jawabannya.

Seorang pemain yang spesial tidak selalu bertahan lama di sebuah klub. Sebab mereka selalu mendapatkan godaan untuk bergabung dengan klub raksasa lainnya. Contohnya seperti Eric Cantona.

Cristiano Ronaldo pun tidak bertahan lama di Manchester United, meskipun di sanalah ia mendapatkan nama 'CR7'. Berbeda dengan pemain bernomor punggung 18 yang kerap memperkuat MU dalam rentang waktu yang cukup panjang.

Sekarang nomor punggung tersebut dikenakan oleh Bruno Fernandes. Perlu diketahui bahwa hanya ada tiga pemain yang pernah mengenakan nomor punggung tersebut dalam sejarah Manchester United.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya

1 dari 3

Darren Ferguson

Penggunaan nomor punggung tetap untuk satu pemain belum berlaku di pentas Premier League sampai musim 1993/94. Sehingga secara tidak langsung, Darren Ferguson adalah pemain pertama MU yang mengenakan nomor punggung 18.

Darren adalah anak kandung dari pelatih Manchester United saat itu, yakni Sir Alex Ferguson. Ia diberi kesempatan menjalani laga debut pada tahun 1990.

Pada musim 1992/93, Darren sempat mengantongi total 15 kali penampilan karena dipercaya menjadi pengganti Bryan Robson yang mengalami cedera. Karena torehan inilah, ia jadi bisa mendapatkan medali juara Premier League pada musim tersebut.

Namun perjalanannya di Manchester United tidak berlangsung lama. Pada tahun 1994, ia direkrut Wolverhampton dengan mahar 250 ribu pounds. Darren pensiun pada tahun 2008 dan kini menjadi pelatih Peterborough United.

2 dari 3

Paul Scholes

Nomor punggung 18 sempat kosong selama dua musim. Sampai akhirnya Paul Scholes mengenakannya pada musim 1996/97. Sebelumnya, ia sempat memakai beberapa nomor punggung yang berbeda-beda.

Scholes tidak pernah mengganti nomor punggungnya lagi sampai dirinya menjadi sosok legenda Manchester United. Tahun 2011, ia berpisah dengan nomor 18 seiring dengan keputusannya untuk gantung sepatu.

Scholes sempat mencabut keputusannya untuk gantung sepatu dan kembali ke MU di tahun 2012. Sayangnya, ia tidak bisa memakai nomor punggung 18 yang sudah terlanjur dihibahkan kepada Ashley Young. Oleh karenanya, ia harus mengenakan nomor 18 yang pernah digunakan pada musim 1995/96.

Perjalanan Scholes sendiri dengan Manchester United jauh lebih panjang ketimbang bersama nomor punggung 18. Scholes merupakan salah satu pemain yang tidak pernah menanggalkan seragam Manchester United sejak melakoni debut hingga pensiun.

Ia bermain sebanyak 499 pertandingan di pentas Premier League dan mengantongi total 107 gol. Selain itu, Scholes juga berhasil menyumbang 25 gelar dari berbagai kompetisi, termasuk Liga Champions yang diraih pada musim 1998/99 dan 2007/08.

3 dari 3

Ashley Young

Dan seperti yang diketahui, Ashley Young menjadi pengguna nomor 18 berikutnya setelah Scholes. Young membuat nomor 18 jadi lekat dengan kata 'loyalitas' karena kesetiaanya terhadap Manchester United.

Young resmi menjadi bagian dari Manchester United pada tahun 2011 lalu. Menurut beberapa laporan yang tersebar, ia direkrut dari Aston Villa dengan mahar sebesar 17 juta pounds.

Ia mungkin bukan pemain yang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengolah si kulit bundar. Namun, kehadirannya kerap dibutuhkan pelatih Manchester United. Young adalah andalan di sektor sayap pertahanan walaupun awalnya ia bertugas sebagai seorang winger.

Pada tahun 2017, ia mendapatkan tugas menjadi kapten tim untuk pertama kalinya. Namun Young hanya melakoni tugas tersebut untuk sementara, sampai kemudian ia diangkat jadi kapten tetap pada tahun 2019.

Dan setelah sembilan tahun lamanya memperkuat Manchester United, Young harus angkat kaki dari Old Trafford. Faktor usia membuatnya harus meninggalkan The Red Devils. Saat ini, ia sedang berkiprah di Italia bersama salah satu raksasa Eropa, Inter Milan.