FOLLOW US:


Pertahanan Arsenal Rapuh? Ljungberg: Tidak, Mereka Sudah Mencoba

04-12-2019 07:40

 | Richard Andreas

Pertahanan Arsenal Rapuh? Ljungberg: Tidak, Mereka Sudah Mencoba
Striker Arsenal, Alexandre Lacazette dalam kepungan pemain Southampton. © AP Photo

Bola.net - Freddie Ljungberg membantah tudingan negatif tentang pertahanan Arsenal. Dia menegaskan bek-beknya cukup tangguh, hanya perlu mencari cara menghadapi pemain-pemain gesit.

Sejak awal musim, pertahanan rapuh The Gunners dianggap jadi salah satu titik lemah. Masalah ini bahkan menyebabkan Unai Emery kehilangan pekerjaannya alias dipecat.

Kini, tugas berat itu dipikul Ljungberg sebagai pelatih interim. Laga pertamanya kontra Norwich (2-2) akhir pekan lalu tidak berbeda, Arsenal masih tampak rapuh dan mudah kebobolan gol konyol.

Masalah defensif inilah yang jadi salah satu tugas terbesar Ljungberg, harus segera diperbaiki. Kendati demikian, Ljungberg percaya situasi sebenarnya tidak seburuk yang diberitakan.

Bagaimana pendapat Ljungberg? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Tipe Pemain

Buruknya pertahanan Arsenal disinyalir karena kualitas bek yang kurang mumpuni. Nama-nama seperti David Luiz, Sokratis Papastathopoulos, dan Shkodran Mustafi memang tidak pantas mengawal pertahanan tim.

Ljungberg membantah keras tudingan itu, tidak terima. Tidak ada masalah dalam teknik pemain-pemain itu, hanya perlu mengembangkan level mereka.

"Tidak, saya kira pemain-pemain saya sudah mencoba bertahan. Tentu saja, ada beberapa tipe pemain dalam skuad. Itu fakta. Kami punya taktik dan kami mencoba menerapkannya serta saya ingin bertahan," ujar Ljungberg di Arsenal.com.

2 dari 3

Kalah Cepat?

Kelemahan terbesar pertahanan Arsenal terlihat ketika harus menghadapi penyerang-penyerang cepat tim lawan. Luis dan Sokratis tidak bisa mengimbangi kecepatan mereka, Mustafi kerap melakukan blunder.

"Tentu saja kami mencoba menemukan solusi. Jika pemain kami tidak super cepat dan kami meminta: 'Anda harus berlari kencang untuk pemain ini atau itu', itu bakal sulit bagi pemain tersebut," lanjut Ljungberg.

"Secara umum, kami mencoba menemukan struktur supaya setiap pemain tahu apa yang perlu dilakukan. Satu hal utama yang saya lihat dalam pertandingan adalah kami membiarkan lawan dalam situasi hanya perlu adu lari."

3 dari 3

Segera Dihentikan

Itulah masalah utama pertahanan Arsenal di mata Ljungberg. Mereka kerap ceroboh membiarkan lawan lolos, lalu kalah cepat dalam adu lari.

"Ini bukan soal sepak bola atau hal-hal teknis, mereka hanya beradu kecepatan lari dengan pemain-pemain kami. Kami ingin menghentikan itu," tutupnya.

Sumber: Arsenal