FOLLOW US:


Premier League Takkan Dihentikan, Tapi Berlanjut Tanpa Kehadiran Suporter

31-12-2020 04:12

 | Yaumil Azis

Premier League Takkan Dihentikan, Tapi Berlanjut Tanpa Kehadiran Suporter
Pemain Wolverhampton, Adama Traore (kanan) berduel dengan gelandang Manchester United, Paul Pogba (kiri) dalam laga lanjutan Premier League hari Rabu (30/12/2020). © AP Photo

Bola.net - Isu soal penundaan Premier League selama dua pekan sempat menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir ini. Salah satu alasannya adalah karena meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di kalangan pesepakbola.

Pada Rabu (30/12/2020), Premier League menunda laga antara Everton melawan Manchester City yang seharusnya digelar di Goodison Park. Keputusan ini diambil menyusul beberapa pemain the Citizens yang dinyatakan positif Covid-19.

Lalu, pada Kamis (31/12/2020), pihak Premier League juga menunda pertandingan antara Tottenham vs Fulham. Sama seperti Manchester City, Fulham juga melaporkan sejumlah pemainnya positif terjangkit Covid-19.

Permasalahan ini memicu isu penundaan kompetisi selama dua pekan. Dua pelatih klub Premier League, Sam Allardyce beserta Nuno Espirito Santo, merupakan sosok yang paling vokal saat membicarakan soal penundaan tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Premier League Takkan Ditunda

Namun pihak Premier League memutuskan untuk tidak melakukan penundaan kompetisi. Dalam pernyataannya, pihak terkait bahkan tidak membicarakan soal opsi tersebut dari balik layar.

"Premier League tidak mendiskusikan penghentian musim untuk sementara dan tidak berencana melakukannya," tulis pihak penyelenggara lewat situs resminya.

Keputusan ini cukup beralasan. Sebab jika melihat jadwal yang ada, nyaris tidak ada waktu untuk menggelar pertandingan tunda jika kompetisi dihentikan untuk sementara selama dua pekan.

2 dari 2

Yakin dengan Protokol Kesehatan

Premier League yakin pertandingan masih bisa dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Pihak penyelenggara pun sudah mendapatkan dukungan kuat dari pemerintah Inggris untuk melanjutkan kompetisi.

"Liga selalu memiliki keyakinan terhadap protokol Covid-10 agar pertandingan bisa dimainkan seperti yang terjadwalkan, dan protokol ini terus mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah," tambah pernyataan tersebut.

"Dengan kesehatan para pemain dan staf sebagai prioritas utamanya, liga juga mendukung penuh bagaimana klub menerapkan protokol dan aturannya," tutup pernyataan tersebut.

Namun, menurut laporan Independent, semua laga Premier League akan kembali digelar tanpa penonton. Sebelum ini, beberapa klub sudah diperbolehkan untuk menghadirkan fans di dalam stadion dengan aturan social distancing.

(Premier League)