FOLLOW US:


Rapor 8 Bek Chelsea di Awal Musim 2021/22: Rudiger Solid, Chalobah Kejutan!

13-10-2021 15:30

 | Richard Andreas

Rapor 8 Bek Chelsea di Awal Musim 2021/22: Rudiger Solid, Chalobah Kejutan!
Selebrasi Thiago Silva usai mencetak gol di laga Tottenham vs Chelsea, Premier League 2021/22 © AP Photo

Bola.net - Chelsea memulai musim 2021/22 ini dengan cukup apik. Saat ini The Blues memimpin puncak klasemen sementara Premier League dengan 16 poin dari 7 pertandingan.

Pasukan Thomas Tuchel tampak meyakinkan. Chelsea melanjutkan performa apik musim lalu, bahkan tampak lebih solid dan tajam musim ini.

Kehadiran Romelu Lukaku memberikan sentuhan berbeda di lini serang Chelsea untuk beberapa situasi. Selain itu, Tuchel masih tahu betul caranya bertahan dengan baik.

Musim ini Chelsea baru kebobolan 3 kali dan sudah mencetak 15 gol dalam 7 pertandingan di Premier League. Tentu angka kebobolan untuk menunjukkan ketangguhan pertahanan Chelsea.

Menariknya, Tuchel cukup beruntung punya barisan bek tangguh dalam formasi 3-4-1-2 khas Chelsea. Ada Thiago Silva yang tampil solid meski harus beberapa kali diistirahatkan, ada pula Antonio Rudiger yang tampil tangguh.

Kali ini Bola.net akan mencoba memberi rapor untuk barisan bek Chelsea musim ini. Siapa yang terbaik? Yuk simak selengkapnya!

1 dari 8

Antonio Rudiger

Antonio Rudiger
Pemain Chelsea Antonio Rudiger. © AP Photo

Rudiger kembali menemukan permainan terbaiknya musim ini. Dia tampil solid dari laga ke laga dengan level performa yang terjaga.

Dia sering mengisi pos bek tengah kiri dalam formasi tiga bek Tuchel. Rudiger juga punya kemampuan umpan jauh yang cukup akurat.

Rapor: 8

2 dari 8

Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta
Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta melakukan pemasan sebelum pertandingan. © AP Photo

Sang kapten yang seolah-olah terlahir kembali. Azpilicueta tidak lagi muda, tapi level permainanya terus meningkat sejak musim lalu.

Azpi sempat tersingkir di era Frank Lampard, tapi kembali menemukan tempatnya bersama Tuchel. Sejak itu, dia terus berkembang jadi salah satu pemain terpenting Tuchel.

Rapor: 8,5

3 dari 8

Andreas Christensen

Andreas Christensen
Pemain Manchester United, Marcus Rashford (kiri) berduel dengan bek Chelsea, Andreas Christensen (kanan) dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (28/2/2021). © AP Photo

Christensen tidak selalu jadi starter, tapi bisa diandalkan ketika diberi kesempatan bermain. Dia bisa mengisi ketiga pos bek tengah Chelsea.

Ketangguhan Christensen terbukti ketika dia masuk sebagai pengganti di tengah laga. Dia beberapa kali menggantikan Thiago Silva dan langsung bisa main apik.

Rapor: 7

4 dari 8

Thiago Silva

Thiago Silva
Bek Chelsea, Thiago Silva © AP Photo

Thiago Silva masih jadi andalan Tuchel untuk mengisi pos bek tengah sentral. Namun, karena tidak lagi muda, Silva harus rela dicadangkan di beberapa kesempatan.

Dia jadi salah satu pemimpin Chelsea dalam tim dan tentu jadi pemimpin barisan bek. Kehadirannya tidak hanya penting untuk menahan serangan lawan, tetapi juga untuk mengangkat moral Chelsea.

Rapor: 8

5 dari 8

Ben Chilwell

Ben Chilwell
Ben Chilwell dan manajer Chelsea, Thomas Tuchel © AP Photo

Chilwell sempat tersingkir kehilangan tempatnya sebagai bek kiri. Kala itu ada Marcos Alonso yang dianggap bermain lebih baik.

Meski begitu, musim ini Chilwell perlahan-lahan menemukan kepercayaan dirinya kembali untuk bermain apik. Dia efektif saat membantu lini serang, tapi beberapa kali ceroboh di belakang.

Rapor: 7

6 dari 8

Marcos Alonso

Marcos Alonso
Selebrasi Marcos Alonso (kiri) usai cetak gol untuk Chelsea © AP Photo

Alonso sudah 30 tahun, bermain sebagai bek sayap tampak banyak menguras energinya. Musim lalu Alonso masih konsisten bermain di level tinggi, musim ini performanya sedikit menurun.

Dia lebih sering dicadangkan, meski tentu beberapa kali mendapatkan kesempatan jadi starter. Yang jelas, Alonso punya PR menemukan performa terbaiknya kembali.

Rapor: 7

7 dari 8

Trevoh Chalobah

Trevoh Chalobah
Trevoh Chalobah (kanan) usai cetak gol untuk Chelsea © AP Photo

Nama kejutan di lini belakang Chelsea musim ini. Chalobah memang bisa bermain di lini belakang, tapi kabarnya dia lebih senang bermain sebagai gelandang bertahan.

Bagaimanapun, Chalobah terbukti main apik saat mengisi pos bek tengah kanan Chelsea. Dia bisa membentuk duet apik dengan Azpilicueta untuk bertahan dan menyerang.

Rapor: 7,5

8 dari 8

Reece James

Reece James
Selebrasi bek Chelsea, Reece James © AP Photo

Level permainan Reece James sudah sedikit lebih baik dari musim lalu, tapi dia belum cukup bagus untuk menggusur posisi Azpilicueta di lapangan.

Untungnya James tak perlu cemas, dia hanya perlu mempertahankan grafik performanya yang terus meningkat. Kesempatan membela Timnas Inggris juga membantunya.

Rapor: 7

Sumber: Bola, Chelsea