FOLLOW US:


Van Dijk Bukan yang Pertama, Dele Alli Juga Pernah Jadi Korban Tekel Brutal Pickford

19-10-2020 01:54

 | Dimas Ardi Prasetya

Van Dijk Bukan yang Pertama, Dele Alli Juga Pernah Jadi Korban Tekel Brutal Pickford
Momen ketika Virgil van Dijk mendapatkan tekel brutal dari Jordan Pickford di Derby Merseyside antara Everton vs Liverpool. © Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Virgil van Dijk bukan korban pertama tekel brutal Jordan Pickford, karena ia sebelumnya sudah pernah melakukannya pada gelandang Tottenham, Dele Alli.

Liverpool bertandang ke markas Everton di matchday lima Premier League 2020-21, Sabtu (17/10/2020). Insiden buruk kemudian menimpa Van Dijk pada menit keenam.

Ia mendapatkan tekel melayang nan brutal dari kiper Everton, Jordan Everton, di area kotak penalti. Tekel itu mencederai lutut kanan Van Dijk.

Bek asal Belanda itu pun tak bisa meneruskan pertandingan. Ia kemudian digantikan oleh Joe Gomez.

Cedera itu tentu membuat Liverpool dan suporternya meradang. Apalagi Pickford kemudian tak mendapatkan hukuman apapun dari wasit Michael Oliver. VAR juga bahkan tak mau repot-repot melakukan review atas insiden tersebut.

1 dari 2

Van Dijk Bukan Korban Pertama Pickford

Virgil van Dijk bukan pemain pertama yang pernah mengalami nasib buruk ditekel Jordan Pickford. Sebelumnya kiper Inggris itu juga pernah melakukan tekel yang serupa pada Dele Alli.

Hal tersebut terjadi saat Everton menjamu Tottenham di Goodison Park pada bulan Desember 2018 silam. Saat itu Alli berhadapan dengan Pickford di kotak penalti pada babak pertama.

Alli kemudian dinyatakan offside. Namun Pickford tetap melayangkan tekel agresif pada kompatriotnya tersebut.

Alli kala itu langsung terlihat berjalan terpincang-pincang. Ia sempat bisa bermain akan tetapi pada akhirnya ia terpaksa ditarik keluar lapangan sebelum babak pertama berakhir.

Pickford juga beruntung saat itu. Ia tak mendapatkan hukuman apa pun dari sang wasit.

2 dari 2

Kecaman dari Shearer

Usai mencederai Dele Alli, Jordan Pickford mendapatkan kritikan pedas dari Alan Shearer. Legenda sepak bola Inggris itu menyebut tekel Pickford sangat menjijikkan. Ia juga mengatakan kiper 26 tahun itu beruntung Alli tak sampai bereaksi membalasnya.

Shearer kemudian berkomentar lagi ketika menjadi pandit untuk BBC. Ia mengaku heran mengapa wasit tak menganggap aksi Pickford pada Virgil van Dijk sebagai sebuah pelanggaran yang layak mendapat hukuman berat.

“Itu adalah tekel yang mengerikan, mengerikan. Bagaimana mungkin David Coote [wasit VAR] tidak bisa menyuruh Michael Oliver pergi dan melihat monitor berada di luar jangkauan saya. Itu permainan curang yang serius, itu membahayakan lawan dan itu harusnya berbuah kartu merah."

Liverpool rugi besar di laga tersebut. Sebab selain harus kehilangan virgil van Dijk dan Jordan Pickford tak dihukum, gol Jordan Henderson juga dianulir karena Sadio Mane sebelumnya dianggap offside. Laga lawan Everton itu pun berakhir imbang dengan skor 2-2.

(Twitter/BBC)