FOLLOW US:


Kisah Sedih Milan dan Siklus Pergantian Pelatih yang Tak Pernah Usai

09-10-2019 01:30

 | Yaumil Azis

Kisah Sedih Milan dan Siklus Pergantian Pelatih yang Tak Pernah Usai
Pelatih AC Milan musim 2019/2020, Marco Giampaolo © AP Photo

Bola.net - Jabatan pelatih telah menjadi 'kursi panas' di AC Milan pada saat ini. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, mereka terhitung telah diasuh oleh delapan pelatih yang berbeda.

Keterpurukan menjadi alasan utama mengapa Milan berulang kali melakukan pergantian pelatih. Sampai sekarang, belum ada sosok yang mampu membawa klub berjuluk Rossoneri kembali berjaya seperti sedia kala.

Kisah pergantian pelatih ini dimulai pada bulan Januari 2014. Pada saat itu, Massimiliano Allegri didepak dari San Siro menyusul peforma buruk yang dialami Milan di sepanjang musim 2013/14 lalu. Sebelum dipecat, ia sempat mempersembahkan gelar Serie A pada tahun 2011.

Setelahnya, Allegri pindah ke Juventus dan menuai kesuksesan yang luar biasa. Ia berhasil mempersembahkan 11 gelar dari berbagai ajang hanya dalam kurun waktu lima tahun saja.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Kisah Sedih Milan

Usai memecat Allegri, jejeran klub mengangkat Mauro Tassotti sebagai pelatih interim. Ia hanya menemani Milan untuk satu pertandingan tepat sebelum Clarence Seedorf didapuk sebagai nahkoda utama hingga akhir musim.

Pada musim berikutnya, Filippo Inzaghi menjadi pelatih utama Milan setelah dipromosikan dari skuat primavera. Sosok yang pernah aktif sebagai penyerang handal di masa bermainnya itu hanya bertahan selama satu musim saja.

Kemudian, Milan melanjutkan kisahnya bersama Sinisa Mihajlovic yang hanya bertahan hingga bulan April 2016 saja. Sisa musim 2015/16 pada saat itu dilanjutkan oleh mantan pemain Rossoneri lainnya, Christian Brocchi.

2 dari 2

Montella yang Beruntung

Dari sekian banyak pelatih, Vincenzo Montella bisa disebut beruntung. Mantan penggawa AS Roma tersebut mampu bertahan selama lebih dari satu musim dan sempat mempersembahkan trofi, Supercoppa Italiana di tahun 2016.

Montella dipecat pada bulan November tahun 2017 untuk digantikan dengan legenda klub, Gennaro Gattuso. Seperti Montella, pria yang akrab disapa Rino itu bertahan cukup lama sebelum putus kontrak di akhir musim lalu.

Sebagai penggantinya, Milan memboyong Marco Giampaolo yang cukup sukses berkiprah di Sampdoria. Sayangnya, pelatih berumur 52 tahun tersebut hanya bertahan selama beberapa bulan saja menyusul serangkaian hasil buruk yang ditorehkan Rossoneri musim ini.

Menurut kabar, kursi kepelatihan Milan akan diisi oleh Stefano Pioli yang sebelumnya mengasuh Fiorentina. Di tangannya, La Viola begitu dekat dengan jurang degradasi pada musim lalu.

(Football Italia)