FOLLOW US:


Mimpi Shevchenko: Balik ke Milan Sebagai Pelatih

04-05-2021 16:45

 | Dimas Ardi Prasetya

Mimpi Shevchenko: Balik ke Milan Sebagai Pelatih
Andriy Shevchenko © AFP

Bola.net - Legenda sepak bola Ukraina Andriy Shevchenko mengaku ingin melatih di level klub suatu saat nanti dan ia juga bermimpi untuk bisa melatih AC Milan.

Shevchenko adalah legenda besar Milan. Ia adalah salah satu penyerang hebat yang pernah membela Rossoneri.

Sheva, begitu ia akrab disapa, membela Milan mulai tahun 1999. Ia baru pindah dari Rossoneri pada tahun 2006.

Ia sempat comeback ke Milan pada musim 2008-09. Namun statusnya sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Selama di Milan, Shevchenko tampil sebanyak 322 kali di semua ajang kompetisi. Ia mencetak 175 gol plus 45 assist.

1 dari 2

Shevchenko Ingin Melatih di Level Klub

Setelah pensiun, Andriy Shevchenko terjun ke dunia kepelatihan. Ia sempat dipercaya menjadi asisten manajer timnas Ukraina dari 16 Februari 2016 hingga 15 Juli 2016.

Setelah itu ia dipercaya untuk menjadi pelatih kepala skuat Ukraina tersebut. Sekarang ia masih terikat kontrak dengan pekerjaannya itu hingga akhir tahun 2022.

Jika ia nanti tak lagi melatih di level timnas, Sheva mengaku ia ingin melatih di level klub. Namun ia tak mau memikirkannya saat ini karena ia masih fokus mempersiapkan timnas Ukraina untuk terjun ke Piala Eropa 2020.

“Saya ingin sekali melatih di Italia. Ketika petualangan saya dengan Ukraina berakhir, saya ingin melatih sebuah klub," ucapnya, via Calciomercato.

"Sekarang saya fokus ke tim nasional. Persiapan Kejuaraan Eropa akan segera dimulai, lalu saya lihat-lihat,” ungkap Sheva.

2 dari 2

Shevchenko Bermimpi Menjadi Pelatih AC Milan

Andriy Shevchenko mengaku ia sebenarnya merasa ragu untuk terjun sebagai pelatih. Namun ia mengakui langkahnya untuk jadi pelatih makin mantap setelah mendapat bimbingan dari legenda AC Milan, Mauro Tasotti.

“Awalnya saya merasa belum siap untuk melakukan pekerjaan ini, kemudian saya belajar, menganalisis tim, dan memahami apa yang dibutuhkan tim. Saya meminta Maldera dan Tassotti untuk membantu saya, saya senang dengan pilihan ini. Saya sangat suka menjadi seorang pelatih," kenangnya.

Shevchenko juga mengatakan ia siap balik ke Serie A. Ia juga bermimpi untuk bisa melatih AC Milan.

"Untuk melatih Milan? Itu akan menjadi mimpi," seru Shevchenko.

Sejauh ini Andriy Shevchenko telah menukangi Timnas Ukraina sebanyak 44 kali. Eks pemakai jersey nomor 7 di AC Milan ini mencatatkan 21 kemenangan, 12 kali seri dan 11 kali kalah.

(Calciomercato)