FOLLOW US:


Profil Atalanta dan Prediksi di Serie A 2020/21

17-09-2020 15:39

 | Asad Arifin

Profil Atalanta dan Prediksi di Serie A 2020/21
Atalanta meraih kemenangan dengan skor 6-2 atas Brescia pada pekan ke-33 Serie A 2019/2020 © AP Photo

Bola.net - Atalanta musim lalu berhasil menjadi sensasi di kompetisi yang diikutinya. Di Serie A, Atalanta menjadi pesaing Juventus hingga tahap akhir kompetisi.

Di Liga Champions pun Atalanta mampu tampil memukau dan mencapai perempat final sebelum dihentikan Paris Saint-Germain.

Selama tiga musim ke belakang tim berjuluk La Dea ini konsisten tampil bagus. Musim lalu tentu menjadi salah satu musim terbaik tim asuhan Gian Piero Gasperini. Atalanta mampu kembali finish di papan atas Serie A dan menjadi tim yang atraktif dengan mencetak 98 gol.

Ketajamannya Atalanta merobek gawang bahkan mengalahkan ketajaman sang jawara Juventus yang diisi pemain sekelas Cristiano Ronaldo. Bahkan selisih golnya dengan pemuncak klasemen mencapai 22 gol.

Berkaca pada musim impresifnya musim lalu, Atalanta patut percaya diri untuk memutus dominasi Juventus di Serie A. Dengan pengalamannya musim lalu yang menghentak Serie A dan Liga Champions, nampaknya kini Atalanta tidak ingin muncul sebagai pesaing lagi saja.

Atalanta pun memiliki skuad yang berimbang kemampuannya. Tercatat musim lalu selain striker, pemain belakang dan tengah pun banyak memiliki andil untuk gelontoran gol Atalanta.

Robin Gosens yang berposisi asli left-back musim lalu misalnya, menjadi pemain sayap yang cukup produktif dengan mencetak sembilan gol dan delapan assists. Lalu pemain bertahan Rafael Toloi yang mampu menciptakan dua gol dan tujuh assists.

Dengan bermaterikan pemain yang masih sama, skuad arahan Gasperini sepertinya masih bisa menggebrak di musim 2020/21.

1 dari 5

Pelatih: Gian Piero Gasperini

Pelatih: Gian Piero Gasperini
Gian Piero Gasperini. © AP Photo

Pelatih kelahiran Grugliasco, Italy ini telah mengubah Atalanta menjadi tim yang mengerikan. Selama tiga musim ke belakang bahkan Atalanta selalu memberikan perlawanan di papan atas.

Bukan hanya itu Gasperini dengan strategi menyerangnya berhasil membentuk Atalanta menjadi tim yang bisa mencetak 5-7 gol dalam satu pertandingan.

Kemampuannya meracik strategi memang sudah tercium dari dulu. Pelatih sekelas Mourinho bahkan pada 2010 saat melatih Inter Milan, terang-terangan memuji kualitas Gasperini. Pelatih berusia 62 tahun ini juga merupakan sosok yang mengetahui sepak bola Italia.

Dari tahun 2003 hingga sekarang, Gasperini selalu melatih klub-klub Italia. Sedari dulu melatih Gasperini erat kaitannya dengan tipe permainan yang agresif dengan pressing ketat yang mana kini berhasil diterapkannya di Atalanta.

2 dari 5

Pemain Kunci: Papu Gomez

Pemain Kunci: Papu Gomez
Alejandro Gomez © AP Photo

Di usianya yang kini telah menginjak 32 tahun, Papu Gomez nampaknya belum kehabisan sinarnya. Semakin tua, Papu Gomez malah semakin menjadi. Musim lalu pemain berposisi asli sebagai gelandang serang ini berhasil meraih top assist Serie A dengan 16 assists.

Tidak hanya berkemampuan dalam membantu penyerangan Atalanta, Papu Gomez juga memiliki karisma tersendiri sebagai kapten. Dengan kemampuannya memimpin di lapangan, Papu Gomez berhasil menjadi motor dari agresifnya Atalanta.

Seperti musim-musim sebelumnya, Papu Gomez nampaknya akan kembali menjadi pelayan utama untuk Duvan Zapata, Luis Muriel, dan Josip Ilicic dalam membobol gawang lawan. Tidak hanya itu Papu Gomez juga mampu mencetak gol dan menginspirasi pemain lainnya.

3 dari 5

Aktivitas Transfer Atalanta

Aktivitas Transfer Atalanta
Gelandang Atalanta Mario Pasalic. © AP Photo

Masuk:

  • Mario Pasalic (Chelsea), dipermanenkan 15 juta euro
  • Cristian Romero (Juventus), dipinjam 2 juta euro
  • Alexei Miranchuk (FC Lokomotiv Moscow), 14,5 juta euro
  • Simone Muratore (Juventus), 7 juta euro
  • Cristiano Piccini (Valencia), dipinjam

Keluar:

  • Timothy Castagne (Leicester City), 24 juta euro
  • Gianluca Mancini (AS Roma), 23 juta euro
  • Etrit Berisha (SPAL), 3,5 juta euro
  • Marco D’Alessandro (SPAL), 3 juta euro
  • Isnik Alimi (Free agent)
  • Modou Badjie (Free agent)
4 dari 5

Prediksi Klasemen

Prediksi Klasemen
Pemain Atalanta merayakan gol Josip Ilicic ke gawang Valencia pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Mestalla, Rabu (11/3/2020) dini hari WIB. © AP Photo

Dengan kematangan skuad asuhan Gasperini, serta bertahannya pemain kunci Atalanta musim lalu, rasanya Atalanta masih akan bersaing di papan atas. Namun, ancaman kebangkitan tim lain seperti AC Milan, Napoli, dan AS Roma tentu patut diperhitungkan.

Belum lagi kepercayaan diri baru Juventus yang kini dilatih Andrea Pirlo, dan kematangan Inter Milan. Nampaknya Atalanta musim ini masih sulit duduk di posisi puncak.

Peringkat 3-5 sepertinya realistis untuk musim Atalanta.

5 dari 5

Jadwal 5 Laga Pertama Atalanta

26/09/20 Torino vs Atalanta

01/10/20 Lazio vs Atalanta

04/10/20 Atalanta vs Cagliari

17/10/20 Napoli vs Atalanta

25/10/20 Atalanta vs Sampdoria

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)