FOLLOW US:


Tak Pernah 'Ngemis' Tips, Ini Cara Moise Kean Belajar dari Ronaldo

10-06-2019 23:30

 | Yaumil Azis

Tak Pernah 'Ngemis' Tips, Ini Cara Moise Kean Belajar dari Ronaldo
Moise Kean usai mencetak gol ke gawang Empoli pada pekan 29 Serie A musim 2018/19 © Juventus Official Twitter

Bola.net - Moise Kean punya banyak keuntungan dengan memperkuat klub raksasa seperti Juventus, salah satunya adalah belajar dari Cristiano Ronaldo. Namun, 'mengemis' tips bukanlah caranya untuk mencuri ilmu dari peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut.

Kean mencuri mata dunia dengan gol perdananya untuk Juventus pada tahun 2017 lalu. Di umurnya yang masih sangat belia, yakni 16 tahun, ia mampu mencuri celah dan menyarangkan bola ke gawang Verona pada laga terakhir Juventus di Serie A.

Musim 2017-2018, gerak-geriknya tak lagi terlihat lantaran ia harus menjalani masa pinjaman di Verona. Sang pelatih, Massimiliano Allegri, cukup paham dengan kualitasnya dan memutuskan untuk tidak lagi membiarkan Kean pergi di musim 2018/2019.

Kean memanfaatkan kesempatan itu untuk kembali mencuri perhatian publik. Namanya mulai terdengar setelah mencetak dua gol penting ke gawang Udinese pada bulan Maret lalu. Dua gol itu lantas membuat Juventus menang dengan skor telak 4-1.

Total tujuh gol dan satu assist berhasil ia bukukan dari 17 penampilan di semua kompetisi, sebagian di antaranya ia jalani sebagai pemain pengganti. Tentu saja itu catatan apik untuk seorang pria yang bahkan belum genap berumur 20 tahun.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Cara Kean Curi Ilmu

Bermain di klub sebesar Juventus tentu menguntungkan bagi Kean. Selain namanya bisa terdengar luas, ia juga bisa belajar banyak dari pemain bintang. Seperti Cristiano Ronaldo, yang didatangkan dari Real Madrid pada tahun 2018 lalu.

Itu adalah kesempatan lain yang tak bisa dilewatkan oleh Kean jika ingin menjadi pemain hebat di masa depan. Tentu saja, ia belajar banyak dari pemain asal Portugal tersebut. Namun tidak dengan meminta tips, Kean punya cara tersendiri.

"Saat kami berlatih, saya mencoba mengobservasi setiap hal yang ia lakukan, mulai dari sikap di lapangan hingga hasrat bermainnya. Ada manfaat besar yang tak bisa anda remehkan saat berlatih dengan sosok juara," tutur Kean kepada SoccerBible Magazine.

"Saya bukan orang yang suka meminta saran, tapi saya dengan tenang mengobservasi lalu mencoba mempraktikkan apa yang saya pelajari saat berada di lapangan," lanjutnya.

2 dari 2

Inspirasi Lain

Tentu saja, Ronaldo bukanlah satu-satunya pemain yang ingin Kean curi ilmunya. Kemampuan observasi itu juga ia praktikkan dengan menyaksikan penampilan beberapa pemain lain, seperti Didier Drogba yang pernah membela Chelsea hingga Mario Balotelli.

"Didier Drogba adalah inspirasi. Saya sangat menyukainya, dia adalah salah satu idola saya. Saya melihat bagaimana ia bergerak dan mencetak gol berulang kali. Dia luar biasa," tambahnya.

"Saat saya masih lebih muda, saya menyukai Mario Balotelli, terutama di masa ia membela Inter. Mario juga menjadi inspirasi bagi saya," tandasnya.