FOLLOW US:


Chef Vania Wibisono Masak Opor Ayam Khas Cepu di KapanLagi Buka Bareng, Menu Buka Puasa Praktis dan

16-05-2020 23:04

 | Aga Deta

Chef Vania Wibisono Masak Opor Ayam Khas Cepu di KapanLagi Buka Bareng, Menu Buka Puasa Praktis dan
Kapan Lagi Buka Bareng © Kapanlagi.com

Bola.net - KapanLagi Youniverse menghadirkan acara spesial untuk menunggu buka puasa. Event bertajuk Kapanlagi Buka Bareng edisi keempat ini diramaikan oleh Chef Vania Wibisono.

Menu yang disajikan oleh Chef Vania adalah opor ayam khas Cepu. Ia mengatakan kalau menu ini sangat cocok dinikmati saat lebaran.

"Tanpa opor ayam, Lebaran terasa nggak komplit. Makanan ini bikin kita berasa mudik saat lebaran, seperti pulang kampung dan dimasak-kan oleh orang tua, kakek nenek," ujar Chef Vania.

1 dari 3

1. Pakai Bumbu Andalan

Chef kondang ini pun mengatakan kalau biasanya menu lebaran identik dengan banyak menghabiskan waktu dan tenaga. Namun kali ini ia menggunakan bumbu andalan saat memasak opor ayam.
"Biasanya kalau lebaran ada banyak banget menu. Kadang kita capek untuk memasak banyak sekaligus. Kini ada solusi masak mudah, tidak bikin capek, dan bisa masak di ruangan yang terbatas sekalipun. Apalagi sekarang kita harus di rumah aja, bumbu Bango Bumbu Kuliner Nusantara ini praktis, lengkap rempahnya. Nggak ribet. Terlebih buat kamu yang baru pertama kali masak opor," ucap Chef Vania.

2 dari 3

2. Tips Masak Opor

Lebih lanjut, Chef Vania mengatakan kalau opor ayam bisa ditambahkan sayuran. Hal ini untuk menambah zat baik seperti protein dan vitamin untuk menjaga kesehatan.
"Opor boleh tuh dikasih jantung pisang, atau pete. Supaya ada sayurannya juga. Supaya kita tetap sehat," ujar Chef Vania.

"Pakai bumbu praktis Bango ini juga memudahkan. Cuma 6 ribu bisa masak makanan enak. Lihat tanganku nggak kuning-kuning kena kunyit. Masak enak nggak perlu bersihin dapur terlalu banyak," lanjutnya.

3 dari 3

3. Bumbu Meresap

Terakhir yang tak kalah penting, tips opor ayam bisa begitu enak adalah harus diaduk setiap 10 menit. Chef kondang tersebut mengatakan agar santan tidak pecah.
"Tiap 10 menit, diaduk saja biar bumbunya meresap ke bahan-bahannya. Santannya pun nggak pecah," tambahnya.

Nah, itu dia resep opor ayam khas Cepu ala Chef Vania. Jadi apakah kamu tertarik buat coba?

Disadur dari: Kapanlagi.com/Penulis Louvina Gita
Published: 16 Mei 2020