FOLLOW US:


Diet dan Latihan untuk Kucing Kegemukan, Biar Bisa Diajak Main Lagi

22-11-2020 13:36
Diet dan Latihan untuk Kucing Kegemukan, Biar Bisa Diajak Main Lagi
© shutterstock

Bola.net - Meskipun terbilang binatang yang aktif bergerak, tapi bukan berarti mereka terhindar dari risiko kegemukan. Coba perhatikan kembali, binatang kesayangan yang satu itu sebagian besar waktunya dihabiskan untuk makan dan tidur. Kalau terlalu banyak dan sering, bukan berarti mereka tidak akan mengalami obesitas. Yuk timbang lagi dan perhatikan apakah berat badan kucingmu sudah seimbang dan sesuai dengan usianya. Kalau ternyata berlebihan dan masuk dalam kategori kegemukan, segera agendakan buat diet dan latihan ya, supaya kesehatan mereka juga tetap terjaga.

Ajak Mereka untuk Terus Bergerak

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi berat tubuh mereka, tentu saja dengan terus mengajak bergerak. Meskipun si kucing tak akan bisa diajak jogging atau nge-gym, tapi kamu bisa menggali kreativitas sendiri. Misalnya saja dengan mengajak mereka berlarian di dalam rumah. Tak perlu terlalu lama, dua sampai lima menit saja cukup setiap hari. Mesti diingat juga jika kucing termasuk binatang nocturnal, sehingga mereka akan lebih aktif ketika malam hari.

Manfaatkan Insting Mereka sebagai Predator

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Meskipun dipelihara di dalam rumah, pada dasarnya kucing tetap seekor predator. Untuk membuat mereka tetap bergerak, kamu bisa memanfaatkannya dengan cara mencari mainan atau makanan yang dapat mendorong mereka untuk mengejarnya. Beberapa item yang bisa dijadikan opsi di antaranya, tikus mainan elekronik, pointer dari laser, dan juga catnip.

Terapkan Jam Makan secara Teratur

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Menjaga pola makan tetap teratur juga jadi kunci penting untuk mengembalikan berat badan ideal si kucing. Bila sejak awal kamu sudah menerapkan pola makan dua kali sehari pada jam tertentu, pastikan selalu menjaganya dengan baik. Hindari memberi makan pada jam di luar itu karena kebiasaan tersebut tak terlalu baik untuk kucing yang mengalami obesitas. Kemudian yang juga tak kalah penting adalah memilih cat food yang tepat seperti Muezza agar meski dalam masa menurunkan berat badan, tapi kesehatan mereka tetap terjaga.

 (c) muezza
(c) muezza

Muezza dibuat dari bahan alami yang menyimpan beragam kandungan nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, omega 3, dan lain sebagainya. Cat food ini memiliki empat varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera kucing kesayangan, yakni Tuna, Mackerel, Ocean Fish, dan juga Salmon. Yuk segera dapatkan Muezza dengan mudah di toko-toko berikut.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia