FOLLOW US:


Selalu Tampak 'Dingin', Kucing Ternyata Bisa Berkeringat Lho

11-01-2021 07:30
Selalu Tampak 'Dingin', Kucing Ternyata Bisa Berkeringat Lho
© shutterstock

Bola.net - Berolahraga atau cuaca yang panas jadi faktor yang bikin badan berkeringat. Apalagi manusia punya jutaan kelenjar keringat di kulit yang kebanyakan terkonsentrasi di area tertentu seperti telapak kaki dan ketiak. Sebaliknya, kucing yang tampak selalu cool pun juga memiliki kelenjar keringat yang sebagian besar tertutup oleh bulu. Seperti apa sih?

Cara kucing berkeringat

Tak percaya kalau kucing bisa berkeringat setelah aktif bergerak atau olahraga? Coba perhatikan jejak kaki yang lembap saat berjalan melintasi meja atau lantai. Keringat yang keluar dari bantalan kaki ini biasanya akan muncul saat cuaca sedang panas atau saat kucing sedang stres. Selain di bawah kaki, keringat yang berasal dari kelenjar keringat ekrin ini pun juga sering terlihat di atas hidung.

Alasan kucing berkeringat

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Kucing mengeluarkan keringat sebagai upaya untuk menjaga suhu tubuhnya tetap normal. Keringat yang mulai menguap akan memberikan sensasi dingin pada bantalan kaki yang dapat membantu menurunkan suhu tubuhnya.

Bukan hanya dipicu oleh cuaca yang panas atau aktif bergerak, kucing juga berkeringat saat stres. Kondisi ini sering terlihat saat kucing dibawa ke dokter hewan, bepergian atau mengalami perubahan mendadak di rumah. Tapi keringat yang dikeluarkan kucing ini kurang efektif untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Cara mendinginkan tubuh kucing

 (c) shutterstock
(c) shutterstock

Sulit mengandalkan keringat untuk mendinginkan dirinya, kucing biasanya akan menjilati seluruh tubuhnya. Ketika air liurnya menguap, tubuhnya akan mendingin. Selain itu, kucing juga suka beristirahat di tempat yang sejuk misalnya rebahan di lantai keramik, tiduran di atas tembok, hingga ruangan yang memiliki sirkulasi udara lancar.

Cat owner biasanya juga akan melihat bulu-bulu kucing lebih rontok saat memasuki musim kemarau. Bantu dengan melakukan perawatan seperti menyisir bulu atau bahkan memotongnya lebih pendek untuk membantu kucing merasa lebih nyaman.

Setelah melakukan grooming pada kucing kesayanganmu, jangan lupa berikan camilan yang mendorong hewan peliharaan mengasosiasikannya sebagai hal yang menyenangkan. Saatnya mengambil stok Muezza yang sudah disimpan di wadah yang kedap udara untuk menjaga kualitasnya. Tak perlu cemas karena cat food ini sudah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

 (c) instagram/datslunacat
(c) instagram/datslunacat

Selain bebas cemas saat membelai kucing, memegang cat food, hingga membersihkan wadah makannya, nutrisi Muezza pun tak perlu diragukan lagi. Hanya terbuat dari bahan-bahan alami pilihan yang diolah dengan teknologi modern, Muezza siap bantu jaga kesehatan kucing kesayanganmu.

 (c) muezza
(c) muezza

Terdiri dari 4 varian rasa, saatnya borong Muezza dengan flavor Salmon, Tuna, Mackerel dan Ocean Fish yang disukai kucing. Caranya gampang, cukup beli di official store yang ada di Shopee maupun Tokopedia!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia